oleh

Bupati Joune Ganda Sandang Gelar Tonaas Wangko Minaesa Amian

Airmadidi,Fajarmanado.com – Belum lama nahkodai kabupaten Minahasa Utara, Bupati Joune Ganda telah menorehkan prestasi dan meraih berbagai penganugrahan dibidang  pemerintahan. Tak hanya itu, berkat komitmennya yang kuat untuk menjadikan Minahasa Utara lebih hebat, bupati yang dikenal smart dan pekerja keras ini dianugerahi gelar Tonaas Wangko Minaesa Amian oleh 9 tonaas (Makasiuow),Sabtu (1/5) di atrium kantor Bupati Minahasa Utara.

Bupati Joune Ganda yang didampingi Wakil Bupati Kevin William Lotulung mengatakan, pemberian gelar adat ini merupakan suatu kehormatan dan tanggung jawab besar yang harus diemban untuk membawa kabupaten Minahasa Utara hebat dan masyarakatnya lebih sejahtera.

“Untuk mewujudkan amanah yang dititipkan kepada selaku tonaas wangko, saya mengajak seluruh kepala OPD agar bersama – sama berkerja untuk mengesejahterakan rakyat sebagaimana yang titipkan tokoh adat.”kata Tonaas Wangko Joune Ganda.

Dibawah pemerintahannya tonaas wangko Joune Ganda juga akan mengedepankan kearifan lokal dan budaya sebagai jati diri masyarakat Minahasa Utara harus terus dijaga dan dilestarikan sehingga budaya  sebagai salah satu aset daerah akan terus terjaga.

Dalam penganugerahan tersebut, tonaas Hermanus Dendeng menyampaikan bahwa Joune Ganda sangat layak untuk menyandang gelar tonaas wangko Minaesa Amian karena sosoknya yang dinilai pemberani serta jujur dalam memimpin kabupaten Minahasa Utara.

“Sebagai tonaas wangko, harus mampu mengayomi seluruh masyarakat tanpa memandang perbedaan status sosial, dan pandangan politik.”kata Hermanus.

Sementara mantan bupati Minahasa Utara Sompie Singal saat menyerahkan porong O’eh dan sosiru menyatakan dukungannya terhadap Joune Ganda untuk menyandang gelar tonaas wangko Minaesa amian. Meski sempat menjadi rival politiknya di Pilkada lalu, namun Sompie Singal sangat yakin jika tonaas wangko Joune Ganda mampu membawa perubahan dan menyejahterakan masyarakat Minahasa Utara.

“Saya yakin tonaas wangko Joune Ganda mampu membawa perubahan dengan mempercepat pembangunan dan mengsejahterakan masyarakat Minahasa Utara.”kata Sompie Singal.

Acara penganugerahan tonaas wangko ini turut dihadiri Istri tercinta Rizya Ganda Davega, Kajari Minut Fanny Widyastuti SH.MH, Kapolres Minut AKBP. Grace K.D Rahakbau, SIK.MSi, ketua pengadilan negeri Airmadidi Moh. Sholeh, SH. MH, kepala OPD, mantan Bupati Minsel Ramoy Luntungan, mantan penjabat Bupati tahun 2010 Rudy Umboh, serta para tonaas dan tenaga ahli bupati.(Joel)

News Feed