oleh

Kasau Marsekal Fadjar Prasetyo Gelorakan Semangat Prajurit

Ambon, Fajarmanado.com – Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) genap 75 tahun, Jumat, 9 April 2021, hari ini. 

Upacara peringatan HUT TNI AU tahun ini digelar pula oleh Pangkalan Udara (Lanud) Pattimura di Lapangan Upacara Lanud Pattimura, Kota Ambon, pagi tadi.

Dipimpin Komandan Lanud (Danlanud) Pattimura Kolonel Pnb Andreas A. Dhewo, MSc, MSi (Han) selaku Inspektur Upacara (Irup), upacara yang berlangsung khidmat dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan ini, dihadiri oleh seluruh perwira, bintara, tamtama dan PNS Lanud Pattimura.

Untuk diketahui, berdasarkan Penetapan Pemerintah Nomor : 6/S.D. Tanggal 9 April 1946 Tentara Keamanan Rakyat Jawatan Penerbangan berkembang menjadi TNI AU dan menetapkan Komodor Udara Soerjadi Soerjadarma sebagai Kepala Staf Angkatan Udara pertama.

Sejak saat itu, dikutip dari rilis Letda Sus Yogi Tri Santoso, S.Hum Kapen Lanud Pattimura yang diterima Fajarmanado.com, goresan tinta bersejarah tersebut ditetapkan sebagai Hari Jadi TNI AU yang selalu diperingati sampai saat ini pada setiap tanggal 9 April.

Baca Juga :  Temui Kapolda Maluku, Rositah Sebut Agenda KSBI 1 Mei Mendatang

Dalam amanatnya, Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, SE, MPP, yang dibacakan oleh Danlanud Pattimura, memaparkan, saat genap berusia 75 tahun, TNI AU telah berada pada level dan kondisi yang semakin profesional.

Pencapaian tersebut tentunya tidak terlepas dari upaya dan kerja keras para pendahulu, yang telah berjuang dengan penuh semangat pengabdian untuk kemajuan TNI AU dalam mempertahankan tanah air dan angkasa Indonesia.

Menurut Kasau, kehadiran TNI AU juga memiliki konteks strategis dalam sebuah negara dan dapat menjadi faktor langsung maupun tidak langsung, yang turut mendorong tercapainya pembangunan nasional yang berkesinambungan.

Jika menilik kebelakang di mana dalam satu tahun terakhir bangsa Indonesia telah menghadapi berbagai ujian dan cobaan, Kasau mengatakan upaya penanggulangan bencana alam maupun non-alam, penanggulangan kelompok kriminal separatis bersenjata, serta dukungan kepada pemerintah dalam mempercepat penanganan Covid 19 dan pemulihan ekonomi nasional, adalah sebagian tugas yang telah dilaksanakan oleh para prajurit AU.

Baca Juga :  Polres Malteng Kembali Sita Ratusan Liter Miras

“Jika para pendahulu angkatan udara berjuang dalam bentuk peperangan melawan penjajahan dan pemberontakan, saat ini para prajurit berjuang untuk mengatasi ancaman dan tantangan yang sudah jauh berubah,” ujarnya.

Meskipun berbeda, lanjut dia, namun esensi dari perjuangan tersebut tetap sama. “Yaitu demi menjaga kedaulatan negara dan keselamatan seluruh bangsa Indonesia,” sambung Kasau Fadjar.

Pada kesempatan itu, Kasau menggelorakan semangat ke seluruh jajaran dan prajurit TNI AU.

“Segenap unsur TNI Angkatan Udara, tidak boleh menyerah dan harus tetap bersemangat dalam menghadapi situasi apa pun. Pasti ada hikmah yang dapat kita ambil dari setiap ujian yang dihadapi,” tandasnya.

Upacara dilanjutkan dengan pemberian beasiswa bagi siswa yang berprestasi dilingkungan keluarga besar Lanud Pattimura.

Sebelumnya, berbagai rangkaian dalam rangka HUT TNI AU ke 75 telah dilaksanakan dengan aman dan lancar meliputi donor darah dan ziarah ke TMP Kapahaha Ambon.

Penulis: Katie Mailoa

 

News Feed