oleh

Astaga..! Dishub Minahasa Hanya Pakai Jasa Warga Kelola Parkir

Kawangkoan, Fajarmanado.com – Kendati mengoleksi puluhan tenaga harian lepas (THL), namum Dinas Perhubungan (Dishub) Minahasa, Sulawesi Utara masih juga menggunakan jasa warga mengelola perparkiran. 

Meski demikian, Dishub melalui UPT Perparkiran disebut-sebut tetap menerima setoran retribusi parkir. Tidak saban hari, namum setiap akhir pekan.

“Setiap minggu kami stor pa kepala parkir,” kata salahsatu pengelola parkir di kawasan Pusat Kota Kawangkoan.

Penanganan parkir di Pusat Kota Kawangkoan, memang nyaris ditangani terus warga setempat. Pantauan Fajarmanado.com, Petugas Dishub jarang terlihat. Kalau pun muncul, hanya sesaat sudah tak nongol lagi.

Pemasangan rambu lalu lintas pun, tak lagi dilakukan oleh petugas Dishub, melainkan JT, oknum warga yang menangani parkir di sepanjang jalan BW Lapian, dari simpang empat Rumah Kopi & Mie Toronata sampai ke sekitar Gereja KGPM Sentrum Kawangkoan tersebut.

Baca Juga :  Waspadai Ancaman Bencana, Kapolres Henzly Pimpin Apel Gabungan

Kawasan perparkiran di sepanjang ruas jalan protokol itu pun, tidak lagi didukung dengan marka garis penanda dan jarak parkir. Tak heran, mobil-mobil kerap diparkir berlawanan arah dan berdempetan sehingga terkesan semrawutan.

“Sekitar dua minggu lalu, ada (petugas Dishub) yang muncul. Tapi, tidak lagi terlihat dalam beberapa hari terakhir. Mungkin hanya melakukan uji petik,” kata Ketua Forum Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kawangkoan Raya, Drs. Eddy F. Ruata, Rabu (31/3/2031).

Didampingi Ketua LPM Uner, Drs. Jhonny Laloan dan Ketua LPM Uner Satu, Decky Walangitan, Ruata mengatakan, persoalan ini terus terangkat dalam berbagai forum pertemuan masyarakat dengan pemerintah Kecamatan Kawangkoan dan Kawangkoan Utara selama ini.

“Bahkan, awal bulan ini saya sempat bicara khusus dengan kepala parkir. Dia bilang, sudah lama siapkan cat untuk garis-garis parkir. Tapi, belum juga terwujud sampai saat ini,” ketus Ruata, mantan Camat Kawangkoan ini.

Baca Juga :  Soal Dana Eks PNPM Kawangkoan, UPK Sebut Tunggu Petunjuk Pimpinan

Penandaan garis parkir, sangat penting dilakukan. Selain untuk memudahkan penataan kendaraan, juga untuk keindahan, kenyamanan dan keamanan arus lalu lintas yang kerap padat di Pusat Kota Kawangkoan.

Kadishub Minahasa, Maya Kainde sempat meninjau langsung keberadaan kawasan perparkiran di Pusat Kota Kawangkoan pada dua pekan lalu.

“Kita akan segera menata dan mencat garis-garis parkir di sini agar akan memudahkan penataan kendaraan yang parkir nanti,” ujarnya kepada wartawan seraya menginstruksikan Kepala Parkir, Yanny Kaparang untuk segera menindaklanjutinya.

Camat Kawangkoan, Eightmy Moniung SH menyebutkan bahwa persoalan ini sudah disampaikannya kepada Kadishub Minahasa.

“Makanya, Ibu Kadis sudah datang dan melihat langsung keberadaan perparkiran di sini. Semoga saja segera terwujud,” ujarnya.

Penulis: Herly Umbas

 

News Feed