oleh

Resesi Ekonomi Mengancam, Polsek Ini Garap 3,5 Hektar Lahan

Ambon, Fajarmanado.com – Ancaman resesi ekonomi dikuatirkan masih akan berlanjut di tengah pandemi Covid 19 pada tahun ini.

Oleh karena itu, Iptu Rido Masihin pun tergerak menciptakan ketahanan pangan.

Kapolsek Pasanea, Kecamatan Seram Bagian Utara Barat, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) ini menggerakkan semua personilnya mengolah lahan kebun sekira 3,5 hektar.

Lahan milik masyarakat Desa Gale Gale, kecamatan setempat diolah menjadi Kebun Bhabinkamtibmas atau Kebun Ketahanan Pangan.

Kapolsek Masihin mengatakan,  Kebn Bhabinkamtibmas itu diharapkan akan memproduksi aneka kebutuhan pangan warga yang terkena dampak pandemi virus corona di Kecamatan Seram Utara Barat.

Baca Juga :  Panglima TNI Tunjuk Putra Ambon Jadi Pangdam XVI/Pattimura

“Lahan yang kita buka untuk bertanam atau menyediakan bahan pangan bagi warga itu seluas 3.5 hektar. Kita tanami singkong seluas 2 hektar, ubi jalar atau patatas seluas setengah hektar, jagung seluas setengah hektar, dan kacang tanah seluas setengah hektar,” jelasnya kepada Fajarmanado.com, baru-baru ini.

Menurut Rido, lahan  3.5 hektar itu awalnya merupakan lahan tidur yang tidak dimanfaatkan oleh pemiliknya, Brigpol Naswin, yang juga Bhabinkamtibmas desa Gale-gale dan Labuhan.

Melihat keberadaan kebun yang terbiar itu, lanjut dia, pihaknya menghubungi pemilik kemudian diolah dan dimanfaatkan untuk kesediaan pangan masyarakat di Kecamatan Seram utara Barat, terutama warga desa Gale-gale.

Baca Juga :  Hebat! Polres Ambon Tangkap Dua Bandar Narkoba dan Sita 32 Paket Sabu

“Hasil kebun yang kita tanami beberapa waktu lalu itu, kini tinggal menunggu waktu untuk dipanen,” ujarnya.

Mantan Kapolsek Amahai ini menambahkan, penggarapan lahan tersebut melibatkan warga desa Gale-gale.

“Lahan yang kita garap ini, kemudian dikelola oleh masyarakat desa Gale-gale,” ungkapnya.

“Kenapa kita libatkan mereka untuk membantu kita, karena hasilnya juga nanti menjadi milik warga sendiri, terutama untuk menambah penghasilan masyarakat sehari-hari,” sambung Kapolsek Pasanea itu lagi.

Penulis: Katie Mailoa

 

News Feed