oleh

Bupati JS Sebut Dana Desa dan ADD 2021 Mitra Fokus Pada Pemberdayaan dan Pelatihan

Ratahan, Fajarmanado.com –Bupati Minahasa Tenggara (Mitra), James Sumendap, SH menyebutkan sektor pemberdayaan dan pelatihan lebih difokuskan pada pembangunan desa pada tahun 2021 ini.

Untuk itu, JS, sapaan familiar Bupati Mitra dua periode ini mengharapkan agar pembangunan desa dengan Dana Desa maupun Alokasi Dana Desa (ADD) tahun ini lebih fokus pada sektor pemberdayan dan pelatihan.

Karena itulah, masyarakat diminta berlomba-lomba mengembangkan inovasi dan potensi yang ada di setiap desa.

“Saya berpesan agar penggunaannya sesuai Undang-Undang dan peraturan, Perbup yang kami buat agar bisa dijadikan pedoman supaya bisa menata dan membangun desa dengan lebih baik,” katanya ketika melaunching penggunaan Dana Desa 2021 di Sport Hall Kantor Bupati Mitra, Ratahan, Rabu (27/1/2021).

Bupati yang dikenal tegas ini juga mengingatkan supaya Dana Desa dan ADD yang bersumber dari  Pemerintah Pusat ini harus digunakan untuk pembangunan di desa dan bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masing-masing Pemerintah Desa (Pemdes) untuk kesejahteraan masyarakatnya.

Sejauh ini, katanya, pembangunan infrastruktur yang memanfaatkan Dana Desa dan ADD sejak 2015 silam, rata-rata sudah berjalan dan membaik di setiap desa.

Pembangunan infrastruktur desa, jelas sangat nampak dan sudah pasti sangat bermanfaat untuk roda perekonomian masyarakat desa.

Saat ini, di masa pandemi Covid 19 yang mempengaruhi pendapatan masyarakat, Dana Desa dan ADD dapat lebih fokus diarahkan untuk program pemberdayaan maayarakat agar langsungbmemberikan nilai tambah ekonomi atau pendapatan masyarakat.

Selain itu, menurut Bupati JS, pemberian pelatihan ekonomi kreatif yang produktif akan pula membangkitkan usaha orang per orang atau kelompok masyarakat sehingga dapat memberikan juga nilai tambah ekonomi atau pendapatan masyarakat.

Inovasi dengan memanfaatkan potensi sumber daya alam lokal sangat dibutuhkan agar produk yang dihasilkan dapat bersaing di pasaran.

Penulis: Didi Gara

Editor : Herly Umbas

 

News Feed