oleh

Pengurus Baru Dilantik, Widya Apresiasi Kehadiran LSM GANN Maluku

Ambon, Fajarmanado.com – Pengurus Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Generasi Anti Narkotika Nasional (GANN) Provinsi Maluku periode 2020-2025 resmi dilantik, Selasa (1/12/2020).

Pelantikan berdasarkan SK DPP GANN Nomor 0022/Skep/DPP GANN/XII/2020, tentang Pengesahan Dewan Pembina, Dewan Penasehat dan DPD GANN Maluku.

Pelantikan pengurus baru DPP GANN yang berlangsung di lantai 7 Kantor Gubernur Maluku tersebut, ditandai penyerahan Bendera GANN dari Ketum DPD GANN Fakhruddin Sanghaji Bima kepada Ketum DPD GANN Maluku, Hidayat Samalehu.

Pada kesempatan itu, Widya Pratiwi Murad Ismail, yang hadir sebagai Ketua Dewan Penasehat DPD GANN Provinsi Maluku ini, mengapresiasi atas terbentuknya LSM ini.

Bagi isteri Gubernur Murad Ismail ini, keanggotaan Pengurus LSM tersebut merupakan gabungan generasi muda Maluku dengan berbagai latar belakang pendidikan dan status.

Katanya, ini adalah suatu langkah yang patut diapresiasi oleh segenap komponen yang ada di Maluku.

“Saya selaku Ketua Dewan Penasehat DPD LSM GANN Provinsi Maluku menyambut baik dan memberikan apresiasi atas terbentuknya LSM ini di Provinsi Maluku. Saya sangat bangga karena ternyata di tengah kondisi seperti saat ini masih ada generasi muda Maluku yang memiliki kepedulian terhadap permasalahan narkotika,” katanya.

Menurut Widya, dengan terbentuk dan hadirnya LSM GANN akan dapat membantu masyarakat dan pemerintah dalam memutus mata rantai peredaran gelap narkotika di tengah-tengah generasi muda dan masyarakat.

Baca Juga :  Dimulai 14 Januari, Jusuf Wally Sebut Perlu Sosialisasikan Kepada Masyarakat

Widya menyatakan keyakinannya jika para pengurus LSM ini hadir dengan niat yang ikhlas untuk menyelamatkan generasi muda Maluku dari Narkotika.

Widya mengatakan,  selain keterlibatan aktivis pegiat anti narkotika dalam proses bernegara dan berbangsa saat ini, tentu masih memerlukan perjuangan keras.

Menurutnya, membangun kemitraan untuk mewujudkan generasi muda dan masyarakat yang bebas dari penggunaan narkotika, merupakan salah satu hal penting yang perlu dilakukan secara rutin.

Mengingat, lanjut dia, narkotika dapat merusak tatanan hidup dan membuat masa depan menjadi suram.

“Saya harap, pada saat menjalankan program tetap mengedepankan asas koordinasi lintas sektor baik secara internal organisasi instansi pemerintah termasuk BNN TNI Polri dan juga masyarakat,” pintanya.

Menurut Widya, ada berbagai cara mengkampanyekan anti narkotika kepada masyarakat seperti seminar, penyuluhan, pembagian stiker melalui media elektronik dan sosial media.

Apalagi, Widya bilang, dengan adanya program unggulan GANN yaitu Goes to School dan Goes to Campus, merupakan langkah awal yang baik.

Berkaitan dengan itu, Widya berkeyakinan, keberadaan LSM ini akan memiliki arti penting karena akan menjadi wadah bersatunya generasi muda Maluku untuk memutus rantai peredaran dan penggunaan narkotika di Maluku.

“Melalui peran tersebut, diharapkan agenda-agenda DPD dapat berjalan dengan lebih baik dan lebih bijak serta selalu berkoordinasi dan fokus untuk menjalankan tugas mulia ini. Kepada para pengurus baru yang akan memegang posisi kepengurusan untuk periode 2020-2025, saya ucapkan selamat bekerja,” paparnya.

Baca Juga :  Polres Malteng Serahkan Tiga Tersangka Togel ke Kejaksaan

“Saya berharap, DPD dapat berkembang dan bahkan kalau memungkinkan dapat dibentuk di kabupaten/kota lainnya yang ada di Maluku,” sambung Widya.

Sementara itu, Ketum DPD GANN Fakhruddin Sanghaji Bima mengungkapkan bahwa pendirian LSM GANN ini merupakan wujud keprihatinan dirinya atas generasi bangsa dan murni untuk kepentingan pemerintah dan masyarakat Indonesia.

Menurutnya, GANN merupakan salah satu amanah. Dengan amanah ini, tentu yang diselamatkan adalah generasi bangsa.

“Generasi ini adalah anak-anak kita. Makanya harapan saya untuk seluruh masyarakat Maluku, mari kita sama-sama jalankan amanah ini dengan baik,” katanya.

Pada kesempatan itu, Ketum DPD GANN Maluku Hidayat Samalehu memberikan apresiasi kepada Ketua Dewan Penasehat DPD GANN Provinsi Maluku, Widya Pratiwi Murad Ismail atas dorongan semangat kepada generasi muda termasuk pengurus DPD.

Atas dasar itu, katanya, pelaksanaan pelantikan dapat berlangsung sebagaimana mestinya.

“Saya bertanggung jawab atas apa yang diharapkan dari pemerintah pusat, daerah dan masyarakat, bisa terlaksana dengan baik. Kesempatan yang besar ini, saya dan para pengurus dapat bersinergi dengan Pemda, Pempus dan stekholder terkait,” katanya.

Penulis: Kate Mailoa

 

News Feed