oleh

Teguh Triyono Resmikan Pilot Project Hortikultura Bantuan BI di Kota Ambon

Ambon, Fajarmanado.com – Bank Indonesia terus menunjukkan kepeduliannya bagi pelaku usaha di Kota Ambon, Maluku. Selain memberikan bantuan kepada UMKM, bank sentral ini juga mengembangkan pilot project budidaya tanaman hortikultura.

Menggaet kerjasama dengan Dinas Pertanian Kota Ambon, Bank Indonesia (BI) Perwakilan Ambon memberikan bantuan greenhouse dan hidroponik kepada belasan kelompok tani.

Faktanya, Jumat (20/11/2020), Kepala Kantor Perwakilan BI Maluku, Teguh Triyono bersama Wali Kota Ambon, Richard Louhenapessy, SH meresmikan Greenhouse dan Instalasi Hidroponik Kelompok Tani di Taeno.

Peresmian diikuti dengan pembukaan Pelatihan Penanganan Pasca panen agar komoditas hasil pertanian terjaga kualitasnya.

Teguh Triyono mengatakan, langkah kerjasama BI dengan Dinas Pertanian Kota Ambon ini tak lain untuk menjaga ketersediaan pasokan bahan makanan, khususnya sayuran, yang tidak tahan lama ini untuk konsumsi masyarakat Kota Ambon dan sekitarnya.

Pengadaan dan pengembangan budidaya jenis tanaman hortikultura menggunakan greenhouse dan instalasi hidroponik ini tak lain untuk memberikan kemudahan kepada petani melalui kelompok tani dalam membudidayakan tanaman hortikultura.

Baca Juga :  Pemprov Maluku Terima DIPA dan TKDD Tahun 2021, Ini Rinciannya

Dengan menggunakan sarana greenhouse dan media hidroponik, petani tak akan bergantung lagi pada musim namun tetap harus didukung ketersediaan air dan penanganan yang serius.

Teguh Triyono mengungkapkan bahwa bantuan greenhouse dan instalasi hidroponik ini merupakan program percontohan di Kota Ambon sehinga diharapkan kelompok tani lainnya dapat melihat manfaat dari penggunaannya.

“Melalui greenhouse, petani dapat terus menanam walaupun dalam kondisi cuaca yang tidak menentu,” tandasnya.

Selain itu, lanjut dia, melalui hidroponik, perawatan tanaman dapat dijaga dan lebih terhindar dari virus maupun hama tanaman.

Oleh karena itu, seiring dengan program ini maka kelompok tani juga mendapatkan pelatihan terkait pengelolaan hidroponik, mulai penanaman hingga proses panennya, termasuk juga pemasarannya.

Baca Juga :  Selain Menghimbau Cegah Corona, Brimob Maluku Kembali Sirami Disinfektan Ruang Publik di Kota Ambon

Untuk mendukung akses pasar, kata Teguh Triyono, BI juga akan mendampingi petani agar memiliki pemahaman dan akses ke aplikasi pasar online dan toko-toko ritel yang ada di Ambon.

Teguh Triyono menambahkan, pemberian bantuan kepada kelompok petani di Taeno ini merupakan salah satu bantuan yang diberikan kepada kelompok-kelompok tani di Kota Ambon untuk mendukung peningkatan produktivitas petani sehingga tetap terjaga untuk memasok di wilayah Ambon dan sekitarnya.

Adapun bantuan lain yang diberikan kepada belasan kelompok tani tersebut dalam bentuk plastik screen, pupuk, pestisida hingga kultivator.

Ke depan, lanjut dia, BI akan bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan dinas atau lembaga terkait pada Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) untuk terus mendorong upaya menjaga suplai kebutuhan bahan makanan di Provinsi Maluku.

Penulis: Kate Mailoa

News Feed