Cegah Corona, Giliran Apotik di Kota Ambon Disemprot Disinfektan Brimob Maluku

Ambon, Fajarmanado.com – Upaya pencegahan penularan Coronavirus Disease 2019 atau Covid 19 terus dilakukan Satuan Brimob Polda Maluku, Senin (2/11/2020).

Personil KBR (Kimia Biologi Radioaktif) Detasemen Gegana yang tergabung dalam Satgas Aman Nusa ll kembali melakukan penyemprotan cairan disinfektan.  Kali ini, sejumlah apotik di Kota Ambon yang disasar.

Penyemprotan melibatkan delapan personil Detasemen Gegana yang dipimpin Ipda A. Manullang ini, bertujuan memutus mata rantai penyebaran virus corona di Kota Ambon serta sebagai bentuk kepedulian dan Bhakti Brimob untuk Indonesia.

Komandan Satuan Brimob Polda Maluku AKBP. M. Guntur, SIK, MH menjelaskan, penyemprotan kali ini dipusatkan pada sejumlah apotik di Kota Ambon.

Diantaranya kawasan Apotik Gidion Farma Ahusen, Apotik Natsepa Hunipopu, Apotik Pelita Batu Gantung, Apotik Medika Farma Waihaong, kawasan Apotik Cinta Sehati Ay Patty serta sejumlah apotik lainnya di pusat Kota Ambon.

“Kegiatan tidak lain sebagai Bhakti Brimob Untuk Indonesia serta dapat memutus mata rantai virus Covid-19 di Kota Ambon,” jelas Dansat Brimob.

Pasi Ops Detasemen Gegana, Ipda A. Manullang mengatakan, selain melakukan penyemprotan disinfektan di apotik, pihaknya juga menyemprotkan sejumlah lokasi lain, antara lain, sejumlah ATM Kota Ambon, kawasan Amplaz, Kawasan Mardika dan sekitarnya, kawasan jalan Imam Bonjol, pertokoan Citra serta juga memberikan sosialisasi kepada warga Kota Ambon untuk selalu mematuhi himbauan pemerintah, melaksanakan protokol kesehatan pada masa transisi New Normal.

“Kami juga memberikan edukasi kepada warga untuk selalu mengunakan masker pada saat keluar rumah, selalu mencuci tangan selama 20 detik, tidak berkumpul dalam jumlah banyak serta melaksanakan sosial distancing atau menjaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain,” kata Ipda A. Manullang.

Setelah melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan, personil unit KBR melaksanakan dekontaminasi mandiri demi membunuh Virus Corona pada APD para personil selanjutnya kembali ke Makoden Gegana Satbrimob Polda Maluku guna melaksanakan penyemprotan desinfektan di tempat yang lainnya.

Manullang berharap dengan penyemprotan dan himbauan ini dapat meminimalisir dan memutus mata rantai penyebaran virus Corona di Kota Ambon.

“Masyarakat juga berterima kasih atas kegiatan penyemprotan dan sosialisai kami,” jelas Manullang.

Penulis: Kate Mailoa