oleh

Gelar Rakor, Bawaslu Ingatkan Disdukcapil Berikan Data Yang Benar

Airmadidi,Fajarmanado.com- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Minahasa Utara tidak main – main dalam mengawal hak demokrasi warga. Buktinya dalam pelaksanaan Rapat Koordinasi dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Minut terkait data Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Minahasa Utara Bawaslu sangat teleti mencermati daftar pemilih yang disampaikan Disdukcapil.  

Komisionner Bawaslu Rahman Ismail dalam Rakor tersebut mengingatkan agar data yang disampaikan harus benar dan akurat agar tidak warga yang kehilangan hak pilihnya hanya karena kesalahan Disdukcapil dalam menginput data kependudukan. Pasalnya kesalahan tersebut dapat merugikan hak konstitusi warga dan dapat berimplikasi pidana apabila kesalahan tersebut ada unsur kesengajaan.

“Kita harus cermati dengan benar data yang disampaikan Disdukcapil. Sebab jika terjadi kesalahan penginputan data dan mengakibatkan warga wajib pilih kehilangan haknya maka konsekwensinya bisa dipidanakan.”tegas Ismail, Senin (12/10).

Koordinator Divisi Pengawasan Hubungan Masyarakat dan Antar Lembaga ini berharap pada tahun 2020 ini, DPT tidak lagi menjadi sumber masalah. Untuk itu ia meminta agar Disdukcapil Minut memberikan data DPT yang benar dan sesuai dengan data yang ada.

“Serig ditemui, pemilih yang tidak memenuhi syarat masih masuk dalam DPT dan sebaliknya pemilih yang memenuhi syarat tapi tidak masuk dalam DPT, ini yang harus kita hindari dikarenakan DPT memiliki potensi kerawanan.”tambahnya.

News Feed