oleh

Disparbud Mitra Sukses Gelar Pelatihan Pemandu Wisata Selam

Ratahan, Fajarmanado.com – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Minahasa Tenggara (Mitra)  Sukses menggelar kegiatan pelatihan pemandu wisata selam,Senin (05/10/20) di Balai Pertemuan Umum (BPU) Desa Pangu.Pelatihan tersebut dibuka secara langsung Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Mitra David Lalandos.

Kepala Bidang pemasaran Tumiwan,S.Pd dalam laporan panitia mengatakan dilaksanakannya kegiatan ini untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) dibidang pariwisata lebih khususnya pemandu-pemandu wisata yang profesional dan menguasai pariwisata di Mitra.

“Dan untuk memajukan pariwisata daerah dalam penyajian informasi yang menarik,”kata Tumiwan.

Selain itu kata Tumiwan,pelatihan pemandu wisata selam adalah untuk meningkatkan pengetahuan memandu wisatawan yang orientasi wisatanya adalah wisata selam.Sehingga pemandu wisata selam dapat memiliki kompetensi dan keahlian memandu wisatawan.Dapat menarik wisatawan untuk dapat berkunjung di Mitra.

“Serta dapat berperan mengajak masyarakat memiliki jiwa sadar wisata untuk pengembangan destinasi-destinasi wisata.Sehingga menjadikan Mitra sebagai daerah tujuan wisata terbaik di Sulawesi Utara,”jelas Tumiwan.

Kepala Disparbud Mitra Sartje O.Taogan,S.Pd.MM menjelaskan sektor pariwisata mempunyai peran penting dalam mendukung pembangunan ekonomi dan sosial masyarakat di Kabupaten Mitra.Karena memiliki potensi wisata yang menarik dan bahkan memiliki seni dan budaya yang unik.

Baca Juga :  Fera Sanger,Spd Resmi Dikukuhkan Menjadi Ketua DPW Kecamatan Belang

“Pariwisata yang terkenal di Mitra saat ini,yakni keindahan alam pegunungan dan keindahan bawah laut.Bahkan wisata bahari bawah laut menjadi primadonanya,”jelas Taogan.

Saat ini,kata Taogan pengembangan pariwisata, Disparbud sedang gencar-gencarnya mempromosikan pariwisata di Mitra.Dan tentunya memerlukan SDM pariwisata yang kompeten.

“Maka diperlukan sinergitas antara pemerintah dan pelaku bisnis pariwisata.Dan salah satunya pemandu wisata.Pelatihan pemandu wisata selam ini untuk peningkatan kualitas SDM yang memiliki keahlian dan kemampuan dibidang wisata menyelam bawah air.Dan juga kegiatan ini menjadi titik awal dalam menumbuhkan rasa cinta masyarakat Mitra terhadap kelestarian ekosistem bawah laut,”ungkap Taogan.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Mitra David Lalandos mengungkapkan Kabupaten Mitra memiliki potensi pariwisata yang menarik dan beragam dan mampu menggerakkan perekonomian masyarakat dan juga menjadi salah satu daerah tujuan pariwisata terbaik di Provinsi Sulut.

“Mengingat potensi wisata di Mitra sangat besar.Namun tidak akan bermanfaat bila tidak terkelola dengan cerdas,”kata Lalandos

Baca Juga :  Areal Tambang Emas Kebun Raya Megawati Soekarnoputri Kembali Di Tertibkan

Mantan Kabag Humas Pemkab Mitra ini berharap dengan adanya pelatihan pemandu wisata selam ini dapat mengeksplor keindahan alam bawah laut Mitra bahkan dapat menginformasikan dengan baik dan profesional sehingga mampu menarik wisatawan untuk datang kembali.

“Manfaatkan kesempatan yang baik ini.Sehingga ilmu yang diperoleh dapat bermanfaat dalam menjalankan pekerjaan sebagai pemandu wisata selam.Dan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pariwisata di daerah ini.Juga dapat menciptakan masyarakat sadar wisata,”tutup Lalandos.

Sekedar informasi, kegiatan pelatihan pemandu wisata selam ini menerapkan protokol kesehatan dimana 40 peserta dilakukan rapid test dan juga menerapkan 3 M,yakni Mencuci tangan,Memakai masker dan Menjaga jarak,dan juga lokasi tempat disterilkan dengan penyemprotan disinfektan.

Adapun kegiatan pelatihan pemandu wisata selam, dilaksanakan selama lima hari,dari tanggal 5 sampai dengan 10 Oktober.Adapun kegiatan di hari pertama sampai dengan hari ketiga adalah materi pelatihan pemandu wisata selam dan hari keempat dan kelima adalah pelatihan langsung ke objek selam.

Penulis : Didi Gara

News Feed