Hore..! Modal KTP Manado, JPar-AiM Beri Pelayanan Kesehatan Gratis, Ini Syaratnya

Manado, Fajarmanado.com – Pasangan calon (Paslon) Wali Kota Manado, Prof Dr Julyeta Paulina Amelia Runtuwene, MS dan Dr Harley Alfredo Benfica Mangindaan, SE, MSM (JPar-AiM) benar-benar tepat mengusung djargon PAHAM.

Tak hanya merupakan singkatan dari nama mereka, Paulina Runtuwene-Harley Mangindaan (PAHAM), tapi duet JPar-AiM ternyata paham betul dengan kebutuhan masyarakat Kota Manado di tengah pandemi Covid 19 yang serba sulit ekonomi.

JPar-AiM memasukkan pelayanan kesehatan sebagai salahsatu program prioritas apabila terpilih pada Pilkada Manado, 9 Desember 2020 mendatang.

Pelayanan kesehatan gratis bagi masyarakat Kota Manado melalui program Universal Coverage (UC), yang menjadi layanan publik terbaik penilaian Menpan RB ketika tembus Top 99 Layanan Publik 2014 ini, akan diterapkan kembali.

JPar-AiM melihat pelayanan Kesehatan gratis (UC) sangat membantu masyarakat Manado ketika membutuhkan pelayanan kesehatan yang baik.

Paslon PAHAM, nomor urut 4 ini berjanji akan menghidupkan kembali UC Kesehatan untuk membantu kesulitan masyarakat yang harus membutuhkan pelayanan kesehatan, apalagi di masa pandemi covid 19 sekarang.

Bentuk pelayanan Rawat Jalan diiberikan di seluruh Puskesmas, Puskesmas Pembantu, Poskesdes, Posyandu, Persalinan Normal, diberikan/dilayani di Puskesmas Rawat Inap/PONED dan Rawat Inap di Rumah sakit yang ditunjuk oleh Pemerintah Kota Manado, termasuk di RSUP Prof Kandow, RS Pancaran Kasih, RS Advent Manado, RS Bhayangkara, RS Prof. Dr. V.L. Ratumbuysang, RS Sitty Maryam, dan Balai Kesehatan Mata Manado.

Fasilitas pelayanan yang diberikan, di Kelas 3 dengan membawa Rujukan dari Puskesmas akan disempurnakan mengingat Kota Manado sekarang telah memiliki Rumah sakit daerah sendiri.

Seiring dengan itu, Tidak heran paslon PAHAM akan melengkapi kualitas pelayanan rumah sakit daerah Manado dengan menambah jumlah dokter dan perawat demi tersedianya layanan kesehatan gratis, termasuk di puskesmas selama 24 jam setiap hari dan jaminan asuransi kematian bagi semua penduduk kota Manado.

“Saya ingat 1 Januari 2013, pada malam pergantian tahun di Aula Kantor Walikota Manado, Walikota Dr GS Vicky Lumentut melaunching Layanan Kesehatan Gratis bagi Warga Manado yang diberi nama Universal Coverage,” kisah Harley Mangindaan.

“Layanan UC PAHAM pastinya bertujuan memberikan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh masyarakat Kota Manado, terpeliharanya kesehatan masyarakat, masyarakat sehat dan produktif. Tujuan akhirnya bermuara pada meningkatnya kesejahteraan rakyat,” kata Paula-Harley, senada.

Soal pelayanan nanti, pasangan PAHAM ini memastikan, tidak rumit karena penduduk Kota Manado yang dibuktikan dengan (KTP) dan (KK), dan bukan peserta Asuransi Kesehatan lainnya seperti Askes PNS/BPJS Kesehatan, Jamkesmas, Jamsostek, Asabri, serta Asuransi Komersial/Swasta lainnya pasti mendapat pelayanan kesehatan gratis.

Penulis: Herly Umbas