oleh

Djemmy Sundah Tampil Nara Sumber Rakorev Pembangunan Pemkot Tomohon

Tomohon, Fajarmanado.com – 
Ketua DPRD Djemmy J Sundah, SE tampil sebagai narasumber pada Rapat Koordinasi dan Evaluasi (Rakorev) Pembangunan Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon tahun 2020 di Anugerah Hall Tomohon, Jumat (2/10/2020).

Didampingi Sekretaris DPRD Fransiskus F. Lantang,  SSTP, Djemmy memaparkan materi yang bertema Kegiatan Pembangunan yang Bersumber Dari Dana Dekonsentrasi/Tugas Pembantuan, Tupoksi yang Berkaitan Dalam Rangka Penanganan Covid 19 dan Persiapan Pelaksanaan Pilkada 2020.

Ia menjelaskan, tujuan rakorev adalah untuk menjamin terselenggaranya urusan pemerintahan di daerah serta memperkuat hubungan pusat dan daerah dalam rangka memperkokoh NKRI.

Upaya ini perlu dilakukan, lanjut dia, mengingat kondisi geografis negara Indonesia yang sangat luas dengan keanekaragaman budaya dan kearifan lokal, serta Sebagai pedoman bagi Kementerian/Lembaga, Gubernur Sebagai Wakil Pemerintah Pusat (GWPP) dan Daerah dalam melaksanakan dekonsentrasi dan tugas pembantuan agar dapat terselenggara dengan efektif, efisien, akuntabel serta sesuai dengan asas dan prinsip tata kelola penyelenggaraan pemerintahan.

Djemmy selanjutnya menjelaskan, dekonsentrasi adalah pelimpahan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat kepada gubernur sebagai wakil pemerintah pusat, kepada instansi vertikal di wilayah tertentu, dan/atau kepada gubernur dan bupati/wali kota sebagai penanggung jawab penyelenggaraan urusan pemerintahan umum.

“Dan tugas pembantuan adalah penugasan dari pemerintah pusat kepada daerah otonom untuk melaksanakan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pemerintah pusat atau dari pemerintah daerah provinsi kepada daerah kabupaten/kota untuk melaksanakan sebagian urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah provinsi,” jelasnya.

Rakorev terpantau turut hadir oleh Wali Kota Tomohon Jimmy F. Eman, SE.Ak, CA.

Tampil sebagai narasumber juga Kapolres Tomohon AKBP Bambang Ashari Gatot SIK MH, Dandim 1302 Minahasa Letkol Infanteri Herberth Andi Amino Sinaga S.IP, mewakili KAJARI Tomohon Plh Kajari Tomohon Andi Usmana Harun SH MH, Ketua KPU Kota Tomohon Drs Haryanto Lasut MAP, Ketua Bawaslu Kota Tomohon Deisy Soputan SPd MHum, Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc MTh, dihadiri eserta dari jajaran pemerintah Kota Tomohon dan undangan.

Penulis: Jerry Michael

News Feed