oleh

Hore..! Gaji 13 Siap Cair Pertengahan Bulan Ini, Dua Eselon Ini Harus Gigit Jari

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani beberapa waktu lalu memang sudah menyebutkan gaji ke-13 PNS dan pensiunan akan cair pada Bulan Agustus 2020. Namun, dia tidak memastikan pekan keberapa.

Teranyar, kabar datang dari Direktur Jenderal Pembendaharaan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Andin Hadiyanto.

Menurut dia, Kemenkeu mengupayakan agar gaji ke-13 bisa diberikan sebelum pertengahan Agustus 2020.

“Revisi peraturan pemerintah sedang difinalisasi Kemenpan. Segera selesai dan langsung dibayar. Kami usahakan sebelum pertengahan Agustus (pembayarannya). Kalau bisa lebih cepat,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (1/8/2020).

Pemerintah telah menyelesaikan revisi Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 35 Tahun 2019 dan PP No. 38 Tahun 2019 tentang Pemberian Gaji, Pensiun, atau Tunjangan Ketiga Belas kepada Pegawai Negeri Sipil (PNS), Prajurit Tentara Nasional Indonesia )TNI), Anggota Kepolisian Negara Indonesia (Polri), Pejabat Negara, dan Penerima Pensiun atau Tunjangan.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Tjahjo Kumolo mengatakan, revisi PP tersebut tinggal menunggu tandatangan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Menurut saya (revisi PP) sudah selesai. Terakhir di Setneg (Sekretariat Negara) untuk ditandatangani Bapak Presiden,” ujarnya dikutip Fajarmanado.com dari laman Kompas.com.

Akan tetapi, gaji ke 13 tahun 2020 ini tak akan dinikmati semua ASN. ada dua eselon yang tak akan kecipratan.

Menkeu Sri Mulyani Indrawati sebelumnya menegaskan, pencairan gaji ke-13 pada 2020 hanya diperuntukkan pejabat eselon III ke bawah dan setingkatnya. Kebijakan tersebut juga berlaku untuk TNI dan Polri, serta pensiunan.

Artinya, pejabat negara eselon I dan II tidak memperoleh pembayaran gaji ke-13.

Bendahara Keuangan Negara ini menyebut telah menyiapkan anggaran gaji dan pensiun ke-13 dengan total Rp 28,5 triliun.

“Yang terdiri dari ASN untuk gaji dan tunjangan yang melekat pada gaji untuk ASN pusat adalah Rp 6,73 triliun. Sedangkan untuk pensiun ke-13, anggarannya adalah sebesar Rp 7,86 triliun,” ujar Menkeu.

Seiring dengan itu, Uang Pensiun ikut naik bareng Pencairan gaji ke 13.

Simaklah beberapa syarat dan cara mengurusnya.

Selain mencairkan gaji ke-13 PNS, pemerintah juga menaikkan nominal uang pansiunan bagi para ASN.

Jumlah uang pensiunan yang akan diterima para ASN cukup fantastis.

Besarannnya bisa Rp 20 Juta per bulan bagi PNS eselon I, melonjak dibandingkan dengan realisasi saat ini yang hanya sebesar Rp 4,5 juta sampai Rp 5 juta.

Besaran uang pensiunan PNS sesuai dengan jabatan dan golongan PNS saat masih mengabdi. Pengelolaan dana dan pencairannya dilakukan melalui PT Taspen (Persero).

Dana pensiun yang dikelola Taspen berasal dari potongan sebesar 4,75 persen dikalikan penghasilan PNS selama sebulan yang meliputi gaji pokok ditambah tunjangan keluarga.

Uang pensiunan yang didapatkan tersebut besarannya sesuai dengan jabatan dan golongan PNS sebelum pensiun.

Editor : Herly Umbas