oleh

Bendera PDI Perjuangan Dibakar, Kader Banteng Minahasa Datangi Mapolres

Tondano, Fajarmanado.com — Aksi pembakaran Bendera PDI Perjuangan saat demo Ormas di depan Gedung DPR/MPR RI, senayan, Jakarta pada  Rabu, 24 Juni 2020, memantik reaksi keras kader Banteng di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut).

Dipimpin langsung Ketua DPC PDI Perjuangan Minahasa, Dr (HC) Robby Dondokambey, SSi, 25 kader pentolan Banteng Moncong Putih, yang kini duduk sebagai anggota DPRD Minahasa maupun Sulut ini, mendatangi Mapolres Minahasa di Tondano.

Tak hanya menyampaikan pernyataan sikap. Mereka yang diterima Kapolres AKBP Denny Situmorang, SIK di Ruangan Maesa Mapolres Minahasa, juga membuat laporan atau pengaduan di Ruangan SPKT.

Di depan Kapolres Situmorang, Ketua DPC PDI Perjuangan, Robby Dondokambey, yang juga Wakil Bupati Minahasa membacakan laporan dan pernyataan sikap PDI Perjuangan Kabupaten Minahasa.

RD, sapaan akrabnya, menegaskan bahwa peristiwa pembakaran bendera PDI Perjuangan dan isu komunis yang dilontarkan oleh massa aksi bukan hanya untuk serangan terhadap PDI Perjuangan. Tetapi juga merupakan serangan terhadap demokrasi, hukum dan pemerintahan Jokowi–Ma’aruf Amin.

Ia mengatakan, kejadian tersebut merupakan suatu bentuk anarkisme serta upaya dan keinginan untuk memeca belah persatuan bangsa, yang tidak dapat dibenarkan.

Untuk itulah, atas nama keluarga besar PDI Perjuangan Minahasa,  RD meminta pihak Kepolisian untuk bertindak tegas mengusut dan memberikan sanksi hukum kepada pelaku pembakaran bendera PDI Perjuangan, serta menangkap kelompok-kelompok yang menyebarkan isu kebencian yang ingin memecah belah persatuan bangsa.

Keluarga besar PDI Perjuangan, menurut RD, juga meminta kepada pihak Kepolisian di Kabupaten Minahasa untuk melakukan upaya prefentif agar kejadian serupa tidak terjadi di kemudian hari ,khususnya di wilayah Kabupaten Minahasa.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres Denny Situmorang menyampaikan bahwa terkait dengan Kejadian pembakaran bendera PDI Perjuangan di Jakarta beberapa hari yang lalu, Polres Minahasa menjamin dan memastikan tidak akan pernah terjadi di wilayah hukum Polres Minahasa

“Usai pertemuan, perwakilan Pengurus PDI Perjuangan Minahasa sempat membuat Laporan di ruangan SPKT Polres Mnahasa,” kata Kasubbag Humas Polres Minahasa, AKP Ferdy Pelengkahu kepada wartawan di Tondano, siang tadi.

Selain RD, tampak berbaur, Wakil Ketua PDI Perjuangan Minahasa Vanny Legoh, Sekretaris  James Rawung, SH dan Bendahara Gledy Kandou bersama 18 kader PDI Perjuangan yang semuanya sebagai anggota DPRD Minahasa.

Penulis: Herly Umbas

News Feed