oleh

Antili : Hanya VAP Kader Nasdem Yang Mampu Menyaingi Petahana di Pilgub

Airmadidi, Fajarmanado.com – Penjaringan bakal calon Gubernur di DPP Partai NasDem nampaknya akan memasuki babak final. Kandidat yang bakal diberikan mandat oleh Surya Paloh untuk bertarung di Pilkada Sulawesi Utara diprediksi ditetapkan pekan ini dan akan ditandai dengan penerbitan Surat Keputusan (SK) pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur.

Dari sejumlah nama yang mencuat ke ruang publik, nama Vonnie Anneke Panambunan atau VAP dinilai paling berpeluang dan layak untuk mendapatkan mandat sebagai calon Gubernur Sulut.

Sarhan Antili yang juga sebagai politisi senior sekaligus anggota DPRD Minahasa Utara menuturkan, dalam demokrasi partisipasif Pilkada saat ini, para calon kepala daerah maupun wakil kepala daerah, harus memiliki tiga modal utama, yakni modal politik, sosial dan finansial dan ketiga modal itu ada pada Vonnie Anneke Panambunan (VAP) seingga ia layak diusung dan sangat berpeluang untuk meraup dukungan mayoritas pemilih di Sulut sehingga mampu mengalahkan petahana.

Baca Juga :  Sukses Gelar Kampanye, Tetty - Sehan Paparkan Sejumlah Program Pro Rakyat

“Dengan memiliki modal politik, sosial dan finansial, VAP bakal menjadi pesaing berat petahana di Pilgub mendatang.”tutur Antili.
Lebih lanjut politisi partai PKB ini menjelaskan, modal politik yang dimiliki VAP yakni, ia merupakan kader Nasdem sehingga mempunyai konstituen yang jelas melalui mesin partainya, belum lagi jika partai Nasdem membangun koalisi dengan partai lain sehingga lebih memperluas arus dukungan terhadap dirinya dalam pertarungan di Pilgub mendatang.

Selain itu, sikap kepedulian terhadap masyarakat kurang mampu menjadi modal sosial bagi VAP dalam memiliki simpatisan dan pendukung yang riil. Buktinya dalam melakukan kunjungan disejumlah daerah di Sulawesi Utara VAP disambut antusias masyarakat yang merupakan konstiuten dan bakal menjadi basis massanya di Pilkada mendatang.

“Seorang kandidat harus memastikan basis dukungan masyarakat yang bisa dipetakan untuk mendapatkan dukungan politik.Tanpa modal sosial, apapun kendaraan politiknya tidak punya arti jika tidak memiliki peta kekuatan riil, dan VAP memiliki itu.”katanya.

Baca Juga :  Sukses Gelar Kampanye, Tetty - Sehan Paparkan Sejumlah Program Pro Rakyat

Modal finansial lanjut Antili tak perlu diragukan lagi dan masyarakat tahu tentang hal itu, buktinya meski belum ada kepastian diakomodir oleh VAP satu-satunya kandidat yang sudah mengelilingi sebagian besar kabupaten kota di Sulut untuk membantu masyarakat, terlebih dimasa pandemi covid 19 ini. Selain memberikan sembako VAP juga turut membagi – bagikan uang kepada masyarakat yang didatanginya sehingga kemampuan finasial sebagai dukungan untuk memobilisasi sumber daya politik dalam memenangkan pertarungan politik tak perlu diragukan lagi.

“Tanpa dukungan modal politik, finansial dan modal sosial, calon akan kesulitan untuk meraih kemenangan dalam pilkada. Namun partai Nasdem sangat beruntung memiliki figur seorang VAP yang memiliki tiga modal utama tersebut dalam merebut kursi orang nomor satu di bumi nyiur melambai.

 

Penulis : Joel Polutu

News Feed