oleh

Sandra Rondonuwu Minta Keadilan untuk Masyarakat Penambang

Ratatotok, Fajarmanado.com — Ditangkapnya beberapa warga Tompasobaru, Minahasa Selatan saat melewati pos pemeriksaan di Ratatotok Minahasa Tenggara (Mitra) dalam kasus tambang beberapa waktu lalu, mendapat perhatian dari Anggota DPRD Provinsi Sulut Sandra Rondonuwu STh, SH.

Faktanya, Sandra Rondonuwu menyempatkan diri untuk mengunjungi beberapa penambang yang di tahan di Mapolres Mitra pada Rabu (24/6/2020).

Meski sebagai legislator Sulut, SaRon datang layaknya tamu biasa. Setelah bertandang di Ruang Kasat Reskrim Polres Mitra, SaRon baru menuju ruang tahanan melihat langsung keberadaan para ‘penghuni’ di balik jeruji besi itu.

SaRon datang tak lain hendak memastikan bahwa para tahanan diperlakukan dengan baik dan hak-hak asasinya tetap dijamin dalam proses hukum saat ini.

“Ya, saya datang mengunjungi karena merasa peduli. Meski mereka berurusan dengan hukum tapi pada saat itu tujuannya mereka juga untuk bekerja mencari sumber ekonomi dalam memenuhi kebutuhan keluarga, karena situasi saat ini akibat dampak dari pandemi covid 19 membuat pekerjaan dan aktivitas normal mereka terhambat,” kata Saron.

SaRon mengatakan, persoalan di tambang sering terjadi, karena dengan terpaksa rakyat kecil harus berjibaku dengan sesama anak bangsa lantaran berebutan untuk mendapatkan akses sumber ekonomi yang sangat menjanjikan dari hasil perut bumi.

Menurutnya, pemerintah perlu juga diperhatikan nasib masyarakat penambang dan dijamin keamanannya.

Para penambang rakyat perlu diberikan akses dan kesempatan mengais rejeki, diatur dan diawasi sehingga kasus-kasus di tambang tidak perlu terjadi.

“Ini sangat penting diperhatikan. Para penambang rakyat harus diberikan ruang. Soalnya, selama ini kekayaan alam lebih banyak dinikmati oleh para kapitalis dan pemilik modal asing, maka sudah saatnya keadilan itu dirasakan oleh rakyat kecil,” tandasnya.

“Jadi jangan hanya perusahaan asing dan pemodal raksasa yang menikmati keuntungan sumber daya alam rakyatnya,” sambung SaRon yang juga Penasehat Asosiasi Penambang Rakyat ini.

Penulis: Prokla Mambo

News Feed