Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats

Keluarga Positif Corona Tompaso Ancam Gugat RSUD Noongan

Keluarga Positif Corona Tompaso Ancam Gugat RSUD Noongan
Penampakan papan nama RSUD Noongan yang diancam digugat keluarga Positif Covid 19 warga Tompaso. Foto: Seputarsulut.com.
Tompaso, Fajarmanado.com — Keluarga positif corona virus disease atau Covid 19 warga Desa Tompaso Dua Utara, Kecamatan Tompaso Barat, Minahasa, Sulawesi Utara mengancam akan menggugat manajemen RSUD Noongan.

Manajemen rumah sakit milik Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini dinilai telah menyampaikan kabar bohong kepada keluarga Positif Covid 19 yang teregistrasi nomor 122 di Provinsi Sulut ini.

Penyataan itu, dikabarkan dibeber mertua wanita dari pria 41 tahun itu kepada tim yang menjemput korban Positif Covid 19 tersebut di Desa Liba Kecamatan Tompaso, Selasa (19/5/2020) malam.

LS, mertua Positif Covid 19 ke sembilan di Minahasa, memaparkan bahwa pihaknya telah dibohongi manajemen RSUD Noongan.

Ketika menjemput Noldy, nama disamarkan, keluarga korban mengaku mendapat kabar dari pihak manajemen RSUD Noongan bahwa Noldy sudah sembuh, tidak berstatus lagi pasien Dalam Pemantauan (PDP).

Kepala Puskesmas (Kapus) Tompaso, dr. Felix Neidy Mamesah tak menampik kabar ini. “Oh, memang mertuanya sempat mengancam akan menggugat rumah sakit (RSUD Noongan) karena merasa dibohongi,” katanya.

Dokter Didi, sapaan familiar Kapus Tompaso, mengaku tak bisa mencegah niat keluarga korban melayangkan gugatan karena merupakan hak sebagai warga negara RI.

Baca Juga :  Bank SulutGo Salurkan BLT Rp420 Juta di Tujuh Desa Ini

“Itu terserah mereka, tapi sesuai protap kesehatan, dia harus secepatnya dibawa ke rumah sakit untuk diisolasi dan ditangani intensif,” ujarnya menjawab Fajarmanado.com di kompleks Pasar Tompaso, Rabu (20/5/2020) siang.

Kendati sempat berusaha mencegah anak menantunya dibawa kembali ke rumah sakit, namun Dokter Didi mengungkapkan kebanggaannya karena akhirnya keluarga Noldy pasrah.

Sementara korban sendiri, katanya, sangat korporatif. Tidak menolak kembali ke rumah sakit.

Meski sudah berstatus Positif Covid 19, namun korban terkesan masih kuat. “Dia tidak dipapah tapi jalan sendiri naik mobil ambulance. Malahan, dia masih turun kembali mengambil termos dalam rumah,” ujarnya.

Noldy sendiri pulang rumah dijemput dengan mobil pribadi mertuanya di RSUD Noongan pada hari Senin, 18 Mei 2020.

Tidak dibawa ke rumahnya, di Desa Tompaso Utara, Kecamatan Tompaso Barat, tapi di kediaman mertuanya, di Desa Liba, Kecamatan Tompaso.

Noldy masuk rumah sakit pada 9 Mei lalu dan ditetapkan sebagai PDP Covid 19. Sehari setelah dibawa pulang mertuanya, hasil swab test diumumkan Gugus Tugas Covid 19. Noldy teregistrasi Positif Covid 19 nomor 122 di Provinsi Sulut atau nomor sembilan di Kabupaten Minahasa.

Baca Juga :  Wah..! Kawangkoan Bertambah Satu Positif Covid 19, Anak 9 Tahun di Kampung Islam Dijemput Tim Medis

Pihak RSUD Noongan, yang berada di Desa Noongan, Kecamatan Langowan Barat belum berhasil dikonfirmasi.

Camat Tompaso Barat, Stefri Pandey, ST, MAP dikabarkan sempat dihubungi korban dan mencurahkan isi hatinya betapa siksanya terpenjara dengan virus corona di rumah sakit.

“Oh, betul. Saya sendiri tidak tahu dari mana dia dapat nomor saya,” komentar Camat Stefri, pria familiar ini.

Korban menelepon pada hari Sabtu, 16 Mei, pekan lalu. “Sampai-sampai mengeluh, ingin pulang. Minta bantuan saya. Tapi, sekalipun berat hati, saya tegas katakan, itu bukan ranah saya,” ujarnya, namun mengelak berkomentar lebih jauh.

Camat Stefri hanya menambahkan, “Dengan adanya satu kasus Positif Covid 19 di sini, masyarakat harus terus waspada bahwa virus corona sudah ada di dekat kita.”

Untuk itulah, lanjutnya, jangan ada lagi warga yang ‘kumabal’ tidak menerapkan anjuran pemerintah soal social distancing dan physical distancing.

“Jangan ada lagi yang pandang enteng. Tinggal di rumah saja, jaga jarak, rajin cuci tangan dan pakai masker kalau terpaksa ke luar rumah karena kebutuhan yang memang mendesak,” paparnya.

Penulis: Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Comments are closed.