oleh

Kasus Corona Sitaro Zero, Bupati Evangelian Harap Lebih Waspada

Ondong, Fajarmanado.com — Kasus Covid 19 Kabupaten Kepulauan Sitaro,  Sulawesi Utara menunjukkan Angka Zero atau nol. Tanpa ODP,  PDP, OTG, dan zero Untuk Positif Corona Virus Disease.

Bupati Sitaro Evangelian Sasingen mengatakan, angka zero ini bukan terjadi secara kebetulan atau pun bukan sembarang memainkan angka. Angka 0 atau zero itu karena sudah melalui mekanisme dan kerja keras semua stakeholder bersama maayarakat.

“Kami tidak sembarang menentukan angka atau pun seenaknya menaikkan atau menurunkan angka,” katanya melalui rilis Bagian Prokopim Setdakab Sitaro yang diterima Fajarmanado.com, Jumat (15/5/2020), malam ini.

Angka-angka tersebut, lanjutnya, bukan angka sembarangan yang ditetapkan. Atau hanya sekedar ingin menyenangkan hati masyarkat Sitaro atau pun juga hanya ingin menstabilkan kondisi daerah.

“Bukan seperti itu. Sekali lagi, angka zero atau nol ini terjadi karena memang sudah melalui mekanisme kesehatan,” tandasnya.

“Mungkin masyarakat bertanya, kenapa hari ini secara keselurahan Sulut bertamba 22, tapi Sitaro malah angka 0 Semua,” sambung dia.

Baca Juga :  Bertambah 64, Positif Corona di Maluku Jadi 5.447 Pasien

Bupati Evangelian menilai wajar jika ada pertanyaan seperti itu. Tapi, katanya, perlu masyarakat ketahui bahwa kenapa bisa jadi nol. “Karena memang kondisinya demikian, tak bisa saya katakan angka lain,” kilahnya.

Pada Kamis, 14 Mei 2020, lanjutnya, ada 3 warga dinyatakan negatif dari hasil Swab Test. Hari ini, 1 orang ODP dinyatakan Selesai Pemantauan. “Itulah Grafik Kondisi Covid19 di Kabupaten Kepulauan Sitaro sehingga menunjukkan angka 0,” jelasnya.

Meski telah berada pada posisi zero, Bupati Evangelian mengingatkan kepada seluruh jajaran untuk tidak berbangga.

“Jangan dulu bangga dengan kondisi hari ini. Di luar sana, persoalan Covid19 masih menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, apalagi Sulut hari ini bertamba 22. Kita harus tetap waspada. Kita harus lebih memperketat protokol kesehatan agar benar-benar di Sitaro tidak ada satu pun warga yang positif,” paparnya.

Baca Juga :  Brimob Maluku Gelar Patroli Harkamtibmas dan Kampanye New Normal

Kepada seluruh  masyarakat, Bupati Evangelian mengatakan, dengan melihat kondisi saat ini, di mana grafik menunjukkan angka nol, jangan ada yang lengah atau  pandang enteng.

“Jangan lia itu angka-angka nol samua, kong so bolak balik Manado, kong so mulai ba pesta ato ba acara,” katanya dengan dialeg Manado yang kental.

“Inga di luar sana Covid 19 masih ba nae, jadi torang di Siau harus Ekstra Waspada, sekali lagi harus ekstra waspada,” tandasnya lagi.

Bupati Evangelian kemudian berharap agar masyarakat tetap mengikuti anjuran pemerintah.

“Torang baku bantu. Pemerintah bantu masyarakat, dan sebaliknya masyarakat bantu Pemerintah,” katanya.

“Akhirnya, saya harapkan agar sampai selesainya pandemi Covid-19 ini, kiranya warga Sitaro Tidak ada yang kena satu pun,” imbuhnya.

Penulis: Maxi Heru.

News Feed