oleh

Usai Salurkan BLT, Pemdes Kiawa Dua Buka Pasar Desa

Kawangkoan Utara, Fajarmanado.com — Setelah menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa, Pemerintah Desa (Pemdes) Kiawa Dua, Kecamatan Kawangkoan Utara membuka pasar desa, Selasa (12/5/2020).

“Pasar ini kami buka untuk menfasilitasi pedagang dan konsumen, terutama dari Kiawa Wangko agar uang BLT yang diterima masyarakat dibelanjakan dan berputar di enam desa di Kiawa Raya ini,” kata Hukum Tua (Kumtua) Desa Kiawa Dua, Jemmy Suak kepada Fajarmanado.com, Selasa (12/5/2020).

Ditemui ketika memantau aktivitas jual beli di pasar desa pagi tadi, Kumtua Jemmy mengatakan, pengadaan pasar desa ini dilakukan setelah mengamati banyaknya bermunculan pedagang dadakan di tengah pandemi virus corona atau Covid 19.

“Sebagian besar menjual hasil pertanian, termasuk buah-buahan,” ujar mantan Sekdes Kiawa Dua (raya), yang telah dimekarkan menjadi tiga desa ini. Dua lainnya, yakni Desa Kiawa Dua Barat dan Kiawa Dua Timur.

Bahkan, lanjut dia, Pemdes Kiawa Dua akan mengajak pula penjual makanan olahan, berupa menu ikan dan sayur karena semakin banyak bersiliweran masuk ke luar rumah penduduk saat ini.

“Karena banyak juga keluarga mampu yang suka membeli menu lauk pauk yang sudah jadi. Makanya, mereka pula akan kami ajak berjualan di pasar ini, tanpa membayar retribusi. Fasilitas tempat menjual pun kami siapkan,” jelasnya.

Pasar Desa Kiawa Dua terpantau memanfaatkan ruas jalan lintas desa yang berada di samping Indomaret Desa Kiawa Dua.

Di belakang portal pintu masuk jalan desa, tepatnyq di simpang empat ruas jalan utama Kawangkoan-Sonder-Tomohon itu, terpasang tenda yang memanjang sekitar 20 meter dengan lebar 4 meter.

Di bawah tenda milik desa itu, tertata meja-meja panjang. Di atasnya, dipajang aneka bahan hasil pertanian, seperti beras sampai tomat, terong, batang bawang jagung muda dan buah-buahan.

“Untuk sementara, pasar ini kami buka setiap hari Selasa dan Sabtu. Kita lihat perkembangannya nanti, apakah animo masyarakat cukup untuk dibuka setiap hari atau bagaimana,” katanya.

Enam desa Kiawa raya menyalurkan BLT Dana Desa bulan pertama, April 2020 serentak pada pekan lalu.

“Kalau di desa kami sebenarnta ada 72 penerima tapi satu mundur. Dia adalah janda, tapi beralasan bahwa anak-anaknya masih mampu membiayai hidupnya,” jelas pria yang familiar ini.

Sementara, penerima Bantuan Langsung Tunai (BST) Kemensos tercatat 46 keluarga dan 34 keluarga penerima Program Keluarga Harapan (PKH) dan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT).

“Jadi penerima bansos pemerintah di Kiawa Dua ini tercatat 151 dari 242 keluarga,” ungkapnya.

Berdasarkan pengamatan, lanjut dia, semua keluarga yang teramat sangat terdampak ekonomi dengan adanya pandemi virus corona di Desa Kiawa Dua sudah tercaver dengan bansos pemerintah.

“Yang tidak masuk penerima tinggal perangkat desa, ASN serta para petani dan pengusaha sukses,” jelas Kumtua Jemmy Suak.

Penulis: Maxi Heru

News Feed