oleh

VidCon dengan Olly dan Eman, KPK Sebut Akan Pantau Bantuan Covid 19

Tomohon, Fajarmanado.com — Gubernur Olly Dondokambey, SE dan wali Kota Tomohon melakukan video conference (VidCon) dengan Koordinator Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Wilayah III, Aida Ratna Zulaiha, senin (4/5/2020).

Pada kesempatan itu, Aida Ratna Zulaiha memaparkan program KPK dalam penanganan Covid-19 bulan Mei-Juni 2020.

Selama dua bulan ke depan, katanya, KPK akan melakukan pemantauan penerimaan bantuan baik pemerintah maupun pihak swasta bersama inspektorat.

Langkah itu dilakukan mulai dari pendataan penerimaan bantuan, dengan basis DKTS dan perluasannya sekaligus penyaluran bantuan itu sendiri.

Ia mengingatkan, penyaluran bantuan harus akuntabel dan transparan.

Baca Juga :  Dukungan Doa Terus Mengalir Bagi Olly -- Steven

Selain itu, menurutnya, bersama BPKP, KPK melakukan pemantauan realokasi APBD dan penggunaannya.

“PBJ Covid-19, Kesehatan, dampak ekonomi, PBJ dan lainnya dan jaring Pengaman Sosial, dan sebagainya,” ungkapnya.

Pemantauan penggunaan bantuan dari sumber anggaran lain,  juga akan dilakukan. Karena, yang akan dipantau, terdiri dari, bantuan dari Kemensos,  Pemerintah Provinsi, Sumbangan masyarakat dan lainnya.

Disamping itu, kata dia, KPK akan pula menampung pengaduan masyarakat terkait Covid-19 melalui https://jaga.id/ serta menyalurkan dan memantau penanganan pengaduannya ke Inspektorat (Pemprov dan Pemkab/Pemkot) disesuaikan dengan lingkup pengaduannya.

Baca Juga :  Sabrina Sumendap Dilantik Bendahara PAC Tombatu Utara

Aida Ratna Zulaiha mengingatkan bahwa kunci keberhasilan penyaluran bantuan hanya ada pada komitmen pimpinan, koordinasi teknis, dan support Data dari Organisasi Perangkat Daerah terkait kepada Admin MCP (Monitoring Centre Of Prevention) serta komunikasi dengan Tim Korsupgah KPK.

Gubernur Olly Dondokambey menyampaikan terimakasih kepada KPK atas pelaksanaan koordinasi ini walau ditengah pandemi.

Gubernur mengatakan, paparan dari pihal KPK ini terus memotivasi para kepala daerah dan jajaran memberantas korupsi di daerah.

Untuk itu Olly menyatakan bahwa pemerintah provinsi mendukung kegiatan KPK khususnya pencegahan korupsi di daerah.

Penulis: Prokla Mambo

News Feed