Pemkab Sitaro All Out Tangkal dan Tangani Ancaman Corona, Ini Faktanya

Ondong, Fajarmanado.com — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Sitaro, Provinsi Sulawesi Utara benar-benar all out mmenghadapi ancaman penyebaran virus corona atau Covid 19.

Selain super serius menangkal dengan memparketat arus orang masuk di Pulau Siau, Tagulandang dan Pulau Biaro, Pemkab dan Tim Gugus Tugas Covid 19, yang diketuai Bupati Evangelian Sasingen, ternyata telah pula mempersiapkan sumberdaya tenaga medis dengan sarana dan prasarana pendukung.

Para dokter dan tenaga medis, yang berjumlah total 353 orang siaga dengan alat pelindung diri (APD) standar kesehatan dan masker medis menangani warga yang berstatus Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun Orang Dalam Pemantauan (ODP), bahkan apabila ada yang terkonfirmasi positif.

Total APD yang sudah disiapkan di Sitaro sebanyak 1.650 set dan 2.000 masker medis.

“Semua sudah disebar ke dua rumah sakit dan semua puskesmas yang ada di daerah ini,” kata Bupati Evangelian, didampingi Kabag Prokopim Theo Umbas, SSTP kepada Fajarmanado.com, Jumat (24/4/2020).

Menghadapi kemungkinan terburuk paparan virus corona di daerah kepulauan ini, menurut Evangelian, semua di Puskesmas sudah tersedia ruang isolasi bagi ODP dan PDP.

Begitu pun Rumah Sakit Sawang dan Rumah Sakit Tagulandang, dua rumah sakit (RS) rujukan di Sitaro ini, tentu telah ada ruang isolasi.

Bahkan, di dua RS rujukan ini, juga tersedia alat ventilator. Yakni, dua unit di RS Sawang dan tiga unit di RS Tagulandang. “Jadi, sampai saat ini sudah ada lima unit alat ventilator di Sitaro,” sambung Theo Umbas.

Selain alat ventilator, di RS Sawang dan RS Tagulandang telah tersedia pula alat rapid test yang baru bisa sebatas digunakan untuk ODP, PDP maupun Orang Tanpa Gejala (OTG) yang kontak erat dengan pasien positif Covid 19 serta para dokter dan tenaga medis.

Mendukung pemanfaatan rapid test, Pemkab telah melatih empat orang petugas laboratorium kesehatan untuk mengambil sampel. Dua orang ditempatkan di Siau, sementara dua lainnya di RS Tagulandang dan sekitarnya.

Mengenai rumah tunggu, Bupati Evangelian mengatakan sementara disiapkan pemerintah di Tagulandang, Siau, Biaro dan Makalehi.

“Jadi untuk sementara, sambil menunggu rampung rumah-rumah singgah di empat lokasi itu, maka seluruh puskesmas juga menjadi rumah tunggu sementara,” jelas bupati.

Sementara itu, upaya pencegahan terusĀ  dikampanyekan dan dilakukan Tim Gugus Tugas Covid 19 bersama stakeholder terkait dan relawan, baik di pintu-pintu masuk wilayah Sitaro maupun di ruang publik dan lingkungan pemukiman penduduk.

“Semoga saja, pandemi Covid 19 segera berakhir dan tidak sempat masuk ada warga yang positif di Sitaro,” paparnya berharap sambil menghimbau masyarakat Sitaro di luar daerah menahan diri pulang kampung dan warga ada di Sitaro betah tinggal di rumah saja.

Penulis: Maxi Heru