oleh

Beroperasi Besok, Camat Eightmi: Pengguna Pasar Esa Waya Harus Patuhi Physical Distancing

Kawangkoan, Fajarmanado.com — Pasca perayaan Jumat Agung dan Paskah 2020, aktivitas Pasar Esa Waya Kawangkoan, Minahasa kembali dibuka, Selasa (14/4/2020), besok.

Penerapan social distancing dan physcal distancing atau  pembatasan sosial dan jaga jarak dipastikan akan terus diterapkan. Bahkan semakin diperketat pasca ujicoba pada Kamis, 9 April 2020.

Para pengguna pasar, baik pedagang maupun pembeli, diwajibkan menggunakan masker dan mengatur jarak atau tidak bergerombol.

“Harus diperketat lagi. Hari Kamis lalu memang sudah bagus, tapi masih ada yang perlu lagi dibenahi lagi,” kata Camat Kawangkoan Eightmi Johanna Moniung, SH saat memimpin rapat koordinasi di Ruang Data Kantor Camat Kawangkoan, Senin (13/4/2020).

Baca Juga :  Polres Minahasa Kawal Ketat Distribusi 3.800 Vial Vaksin Covid 19

Rapat yang membahas khusus soal teknis operasional Pasar Esa Waya tersebut, dihadiri Staf Khusus Bupati Minahasa, Stefen Supit, SH, Waka Polsek Kawangkoan, Iptu Carlos, Kepala Pasar Meddy Moniung, pengurus RR-RD dan para lurah setempat.

Pantauan Fajarmanado.com, wajah Pasar Esa Waya berobah drastif pada Kamis, pekan lalu. Jalan sisi timur yang selama ini menjadi lokasi penjualan ikan mentah, tampak legang. Tak ada lagi pedagang ikan di sana.

Pasalnya, mulai hari itu, sesuai koordinasi Camat Eightmi dengan stakeholder terkait, lokasi penjualan ikan laut mentah dipindahkan ke lokasi Pasar Barter Sapi di sisi barat pasar, yang sudah ditutup sementara sejak tiga pekan lalu.

Baca Juga :  Polres Minahasa Kawal Ketat Distribusi 3.800 Vial Vaksin Covid 19

Memasuki area pasar yang memiliki tiga los beratapkan seng itu, telah ditetapkan pintu masuk ke luar lengkap dengan penunjuk arah.

Bahkan, Kepala Pasar Meddy Moniung tak jera mengarahkan setiap pengunjung. Berdiri di ketinggian, menggunakan pengeras suara, ia tak segan menegur setiap pengunjung yang salah arah.

Sementara, personil Satpol PP dengan tegas memulangkan anak-anak usia sekolah dan pengunjung yang tak menggunakan masker.

“Prinsipnya sudah baik. Tapi kita akan mempertegas lagi,, termasuk parkiran kendaraan,” tandas Camat Eightmi.

Penulis: Herly Umbas

News Feed