oleh

Tangkal Virus Corona, Olah Captikus Kadar 50 Jadi Handsanitizer

Manado, Fajarmanado.com — Handsanitizer dan alkohol teknis kini langka di pasan umum di saat virus corona atau covid 19 mewabah. Untuk itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey, SE menempuh langkah membuat handsanitizer dengan berbahan kearifan lokal yakni Captikus.

Wakil Gubernur Sulut Steven OE Kandouw mengatakan, kelangkaan handsanitizer di pasaran mendorong Gubernur Olly berinisiatif dan memerintahkan agar  membuat handsanitizer dari bahan dasar Captikus.

“Handsanitizer yang langka di pasaran ternyata boleh disiapkan dengan bahan-bahan lokal seperti Captikus, dengan catatan alkoholnya harus kadar 50 persen,” jelasnya kepada wartawan di Manado, Rabu (18/3/2020).

Menurutnya, larutan berbahan Captikus ini bisa dipakai untuk penyemprotan disinfektan dan membersihkan tangan.

“Tentunya ini bisa diikuti oleh kabupaten dan Kota lainnya sebagai solusi kelangkaan cairan disinfektan dan handsanitizer,” ujarnya.

Wagub Steven menambahkan, saat ini ada sebanyak 30 galon masing-masing 30 liter Captikus dengan kadar alkohol 50 persen dari UMKM Tareran yang akan diolah malam ini dan rencananya besok akan didistribusikan ke masyarakat.

“Sudah ada 30 galon captikus yang siap diolah menjadi bahan handzanitiser yang segera kita sebarkan besok,” ungkapnya.

Penulis: Prokla Mambo

News Feed