oleh

Tangkal Hoax, Bupati Evangelian: Sitaro Tak Ada Lockdown

Ondong, Fajarmanado.com — Bupati Kepulauan Sitaro, Evangelian Sasingen menyatakan gerah dengan kabar bohong atau hoax yang kerap menyebar di Siau, Tagulandang dan Biaro (Sitaro).

Kali ini, soal beredarnya informasi bahwa ada surat edaran dari PD (Perusahan Daerah) Pelayaran Sitaro yang intinya menjelaskan bahwa tidak ada pelayanan kapal selama 2 Minggu dari dan ke Sitaro.

Bupati Evangelian menilai bahwa Kabar tersebut bisa berdampak pada naiknya harga bahan pokok di pasaran.

Oleh karena itulah, melalui siaran persnya yang diterima Fajarmanado.com, Selasa (17/3/2020) sore, Bupati Evangelian memberikan  lima pertanyaan sikap.

Pertama, Informasi tersebut tidak benar atau Hoax.

“Saya sudah melakukan crosscheck ke agen-agen dan sebagian pemilik kapal serta Direktur PD Pelayaran Sitaro bahwa semua Armada kapal siap beroprasi melayani masyarakat sesuai jadwal keberangkatan,” demikian rilis yang dikirim Kepala Bagian (Kabag) Humas, Protokol dan Informatika Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sitaro, Theo Umbas, SSTP.

Kedua, Pemkab Sitaro tidak memberlakukan lockdown. “Yang kami lakukan adalah pemeriksaan suhu badan pada saat penumpang masuk ke Sitaro untuk mengantisipasi masuknya Virus Corona,” sambungnya.

Ketiga, Bupati Evangelian meminta supaya jangan ada oknum lagi yang menyebarkan berita-berita bohong.

“Saya mintakan jangan ada yang menyebarkan berita-berita yang tidak benar atau hoax, yang bisa meresakan masyarakat, ataupun berefek pada naiknya harga sembako. Masyarakat jangan cepat percaya. Informasi resmi, ada pada pemerintah. Jadi, tidak perlu melakukan Penimbunan Sembako. Stok Sembako Aman,” tandasnya.

Keempat, ia juga mengingatkan jangan sampai ada yang memanfaatkan situasi ini untuk kepentingan pribadi atau kelompok. “Jika ditemukan, maka akan ada konssekuensi Hukum,” tegasnya.

Kelima, Bupati Evangelian menyatakan telah menginstruksikan Perangkat Daerah (PD) terkait,  yakni Dinas Perhubungan, Dinas Peridustrian Perdagangan dan Tenaga Kerja, serta Bagian Ekonomi Setdakab Sitaro untuk mensosialisasikan kepada masyarakat terkait fakta yang terjadi di lapangan untuk menangkal hoax yang sering beredar di masyarakat. Pengawasan Sembako, terkait harga terus dilakukan.

Sebagai informasi, lanjut bupati, harga barang di Pasar Tagulandang, sesuai laporan Kepala Bidang Pasar Dinas Perindustrian Perdagangan dan Tenaga Kerja Sitaro, Carvo Sasela, ST masih normal.

Bahkan, Carlo membeberkan bahwa harga Tomat pada Senin, tanggal 16 Maret 2020 sebesar Rp18.000 per kilogram, cenderung turun pada Selasa, (17/3/2020), hari ini karena diperdagangkan Rp14.000–Rp15.000 per kilogram.

Editor : Maxi Heru

News Feed