oleh

JFE-SAS Ikut Meriahkan Pesta Adat Tulude di Tomohon

Tomohon, Fajarmanado.com — Pesta Adat Tulude dari masyarakat Keturunan Nusa Utara di Kota Tomohon ikut dimeriahkan Wali Kota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak CA dan Wakil Wali Kota (Wawali) Syerly Adelyn Sompotan di Anugerah Hall Tomohon, Kamis (6/2/2020).

Pesta Adat Tulude di Kota Tomohon tahun 2020 yang berlangsung meriah itu bertema Masembau Su Petatingihe Metatalingu Kekapia Lumempang Sengkahindo Mawu Ruata Menintanude (Bersatu maju bersama Tuhan memberkati kita).

Dalam sambutan, Walikota Jimmy mengatakan pelaksanaan upacara Tulude adalah kegiatan mengucap syukur dan berterima kasih kepada Tuhan atas penyertaan di tahun yang lalu dan memohon belas kasihan dan penyertaanNya di tahun 2020 ini.

“Melalui perayaan upacara Tulude ini, kita perkuat persatuan dan kesatuan, introspeksi, merestorasi jati diri masyarakat Nusa Utara (Sangihe, Talaud, Sitaro) dan melestarikan lingkungan hidup, bersama-sama berpartisipasi dalam pembangunan di Kota Tomohon dan sekitarnya,” ujar Eman.

Sementara, Wawali Syerly Sompotan seusai tulude mengatakan gelaran budaya warga Nusa Utara yang dilakukan di Kota Tomohon ini adalah sebuah kekayaan budaya yang diharapkan terus dilestarikan.

“Pemerintah Kita Tomohon dan saya pribadi berharap keguatan ini berlangsung setiap tahun,” ungkap SAS.

Turut hadir mewakili Gubernur Sulawesi Utara yakni Kepala BPSDM DR Paulus Tamaka MSi, Kajari Tomohon Immanuel Richendry Hot SH MH, mewakili Bupati Kepulauan Sangihe Asisten Umum Sekda Kepulauan Sangihe Dra Olga Makasidamu dan anggota DPRD Sulut Wenny Lumentut.

Selain mereka, tentu juga hadir Ketua Panitia Tulude AKP Konstantein Samuri SSos, Ketua Badan Musyawarah Kekeluargaan Indonesia Sangihe Sitaro Talaud (Bamukist) Kota Tomohon Frits Tahupia, Sekot Tomohon Ir Harold V Lolowang MSc bersama jajaran Pemkot Tomohon. 

Penulis: Prokla Mambo

News Feed