Histats.com © 2005-2014 Privacy Policy - Terms Of Use - Check/do opt-out - Powered By Histats Tinjau Terminal Kawangkoan, ROR Minta Dishub Sulut Tak Borong Retribusi - Fajar Manado

Tinjau Terminal Kawangkoan, ROR Minta Dishub Sulut Tak Borong Retribusi

Tinjau Terminal Kawangkoan, ROR Minta Dishub Sulut Tak Borong Retribusi

Kawangkoan, Fajarmanado.com — Sehari jelang perayaan Natal 2019, Bupati Ir Royke Oktavian Roring, MSi (ROR) meninjau semua fasilitas publik, baik pasar dan terminal di Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara (Sulut).

Usai Pasar dan Terminal Langowan, ROR, sapaan familiar Bupati Minahasa 2017-2023 ini berkunjung di Terminal Kawangkoan.

Di Terminal Kawangkoan, selain menyalami para pengguna jasa angkutan umum, didampingi Plt. Sekda Ir Ronald Sorongan, MSi, ROR berdialog dengan Kepala UPTD Unit Terminal Kawangkoan, Fanny Posumah, SSos.

Pada saat itu, ROR meminta agar pengelolaan retribusi Terminal Kawangkoan, yang sejak beberapa tahun silam sudah beralih di bawah Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Sulut perlu ditata kembali.

Baca Juga :  Hebat...! DAK Baru 2 Pekan Cair, Rehab Sekolah di Minahasa Masuk Finishing

Meski sudah ditangani langsung Dishub Sulut sesuai regulasi yang ada, namun penerimaan retribusi terminal jangan ‘diborong’ Dishub Sulut.

“Perlu ditata kembali. Hak Pemkab (Minahasa) harus diberikan. Seperti, retribusi trayek Kawangkoan-Langowan dan Kawangkoan-Sonder,” ujarnya.

Seperti diketahui, Terminal Kawangkoan yang dikenal sebagai salahsatu terminal transit ini melayani sejumlah trayek Angkutan Kota Dalam Provinsi (AKDP) dan Angkutan Kota Dalam Kabupaten (AKDK). khusus AKDP meliputi, Kawangkoan-Manado, Kawangkoan-Tomohon, Kawangkoan-Ratahan-Belang-Ratatotok, Kawangkoan-Tareran, Kawangkoan-Tumpaan, Kawangkoan-Amurang dan Kawangkoan-Kotamobagu.

“Perlu ditata kembali. (Retribusi) trayek yang hanya dalam kabupaten, harus diserahkan kepada kabupaten supaya kita bisa menyisihkan anggaran untuk menata lagi terminal ini,” katanya, yang saat itu juga didampingi Plt. Camat Kawangkoan Eightmi Moniung, SH.

Baca Juga :  Astaga..! Masih Jam KBM, SMPN 3 Tompaso Tak Ada Guru dan Siswa

Menjawab pertanyaan Fajarmanado.com soal perlunya penataan drainase terminal, ROR menilai memang sudah sangat perlu. Namun, penataan pengelolaan retribusi harus dilakukan dulu, agar Pemkab Minahasa juga memiliki tanggung jawab menata Terminal Kawangkoan.

“(Penataan pengelolaan retribusi terminal) yang harus lebih dulu dilakukan agar kita punya kewajiban menata terminalnya,” kilahnya sambil berjalan melintasi Taman Kota Kawangkoan yang bersandingan dengan Terminal Kawangkoan.

Penulis: Herly Umbas

Subscribe

Terima Kasih...Untuk Mendapatkan Informasi Terbaru Silahkan Subscribe

No Responses

Tinggalkan Balasan