17 Tahun Jalan Bukit Kasih Dibangun dan Belum Kunjung Direhab, Ini yang Dilakukan Warga

Kawangkoan, Fajarmanado.com — Jalan hot mix menuju Objek Wisata Relegi Bukit Kasih Kanonang dari Pusat Kota Kawangkoan, Minahasa dinilai sangat berkualitas.

Ruas jalan sekitar 5 kilo meter yang dibangun pada tahun 2002 di era Gubernur Drs Adolf Jouke Sondakh (Alm) dengan pimpinan proyek (Pimpro) Ir. Roy Oktavian Roring, MSi, Bupati Minahasa saat ini tersebut baru menampakkan keretakan dan lobang-lobang di beberapa bagian.

Meski sudah berusia sekitar 17 tahun, selama ini belum pernah satu kalipun dilakukan perawatan, minimal menambalan lobang-lobang yang muncul, beda dengan ruas jalan hot mix lainnya di Sulawesi Utara.

“Setahu saya, belum pernah ada perawatan yang dilakukan selama ini. Mungkin, karena jalan menuju ke Bukit Kasih ini relatif masih bagus,” komentar Ketua LPM Kelurahan Sendangan Tengah, Kawangkoan, Drs Eddy F Ruata yang juga mantan Camat Kawangkoan dan Kabag Perekonomian Minahasa ini.

“Kekurangan ruas jalan ini relatif sempit, sulit dilalui bus-bus pariwisata. Jadi, kalau pemerintah ada kepedulian, bukan hanya melakukan perawatan tapi pelebaran,” ujarnya.

Sementara, menyikapi kerusakan yang terjadi selama ini, secara swadaya masyarakat Kelurahan Sendangan Selatan yang dilintasi ruas jalan ke Bukit Kasih tersebut, berinisiatif melakukan pengecoran lobang-lobang yang berada di wilayah mereka.

Semisal, yang dilakukan sore tadi atas inisiatif Arie Giroth, tokoh masyarakat setempat yang didukung Ketua LPMK Sendangan Selatan, Herly Umbas.

Sore tadi, aksi pengecoran lobang yang telah memakan separoh badan jalan dilakukan dengan mendapat dukungan pengguna jalan.

“Sudah beberapa kali kami melakukan penutupan lobang seperti ini secara swadaya dengan bantuan pengguna jalan. Soalnya, kalau dibiarkan, lobangnya akan semakin luas dan dalam sehingga akan berdampak negatif terhadap objek andalan kami, Bukit Kasih,” ujar Herly Umbas, yang juga aktif sebagai wartawan ini.

Oleh karena itu, ia berharap agar Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) dapat memperhatikan kualitas jalan akses utama menuju Bukit Kasih Kanonang ini.

“Setahu saya, jalan dari kawasan Kota Kawangkoan ke Bukit Kasih Kanonang saat ini sudah lama berubah status dari jalan kabupaten menjadi jalan provinsi. Jadi tolong, Pak Gubernur dapat menyisihkan anggaran memperlebar jalan ini. Karena, hampir tiap hari ada saja bus pariwisata yang melintas di jalan ini,” paparnya.

Penulis: Prokla Mambo