oleh

Kesbangpol dan Linmas Gelar Sosialisasi Pemilu, Ini Harapan Walikota Manado

Manado, Fajarmanado.com – Dalam rangka mensukseskan Pelaksanaan Pemilu dan meningkatkan partisipasi Pemilih, Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpol dan Linmas) Kota Manado menggelar Sosialisasi Pilpres dan Pileg Kepada Masyarakat di Kota Manado Tahun 2019, Jumat (8/2/2019), bertempat di Ruang Serbaguna.

Kegiatan Sosiallisasi khususnya bagi Pemilih Pemula (Generasi Mileneal), yang diikuti perwakilan SMU dan SMK di Kota Manado, dibuka oleh Walikota Manado G. S. Vicky Lumentut (GSVL), diwakili Asisten III Bidang Administrasi Umum, Frans Mawitjere, SH.

Walikota Manado mengharapkan, masyarakat harus benar-benar memahami Esensi dan Substansi penyelenggaraan Pemilu, baik proses maupun tujuannya, agar tidak hanya sekedar menjadi ‘peserta’, tetapi bisa juga mengawal dan mengawasi jalannya Pemilu untuk memujudkan penyelenggaraan Pemilu yang berkualitas.

“Pemilih pemula harus mendapatkan perhatian khusus dalam hal pemahaman tentang penyelenggaraan Pemilu. Sebagai ‘Pengalaman Pertama’ dalam keterlibatan langsung penyelenggaraan Pemilu, Pemilih Pemula tentu memerlukan dan harus diberikan banyak informasi Pemilu, sehingga bisa memiliki keyakinan untuk berpartisipasi aktif dalam penyelenggaraan Pemilu pada tanggal 17 April 2019,” harap Walikota Manado dalam sambutannya yang dibacakan Asisten III.

Dilanjutkannya, oleh karena itu pada Sosialisasi Pemilu saat ini, Pemerintah Mota Manado menjadikan Pemilih Pemula atau Generasi Mileneal sebagai target utama. Lewat kegiatan ini, Pemilih Pemula mendapatkan informasi dan pemahaman yang Komprehensif sehingga pada gilirannya bisa meningkatkan partisipasi pemilih.

“Marilah kita berdemokrasi secara Cerdas. ‘Pilihan dan Memilih’ adalah hak setiap masyarakat yang dijamin Undang-undang dan tidak bisa diganggu gugat, akan tetapi jangan sampai perbedaan pilihan politik membuat kita terpecah belah karena apapun pilihannya kita tetap berjalan pada satu tujuan. Jaga Kondusifitas dan Keharmonisan masyarakat Kota Manado, demi suksesnya dan dalam mewujudakan Pemilu yang aman, tertib, dan berkualitas,” pungkasnya.

Hadir dalam kegiatan Pembukaan Sosialisasi tersebut, Kaban Kesbangpol dan Linmas Drs. Hanny Solangs, Pelaksana Kegiatan Christian Mambu, SH, Ketua KPU Kota Manado Sunday Rompas, Komisioner Bawaslu Taufik Bilfaqih, dan Peserta dari perwakilan SMU/SMK se-Kota Manado.

 

Penulis: Jones Mamitoho

News Feed