oleh

Hebat..! Bupati Roy Roring Respon Pembangunan Rumah Sakit di Kawangkoan

Tondano, Fajarmanado.com — Kerinduan masyarakat di bagian tengah Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara atas kehadiran rumah sakit di Kawangkoan mendapat respon dari Bupati Ir Roy Oktavian Roring, MSi.

“Saya akan segera memrosesnya,” katanya di Rumah Dinas Bupati, Sasaran, Tondano, Jumat (1/2/2019), pagi tadi.

Reaksi positif ROR, sapaan akrab Bupati Minahasa ini, disampaikan sesaat setelah menerima surat dukungan peningkatan status Puskesmas Kawangkoan menjadi rumah sakit.

Surat dari masyarakat yang menamakan diri Komunitas Peduli Kesehatan tersebut disampaikan oleh delegasi tim kerja, Pekansurya Masengi, Relly Lapian dan Herly Umbas.

Bupati Roy Roring mengatakan, pada prinsipnya akan segera mengkaji peningkatan status Puskesmas Kawangkoan menjadi rumah sakit.

“Kita akan mempelajari aturan-aturan yang ada, apakah memungkinkan dan memenuhi syarat atau tidak. Jangan sampai sudah ada aturan baru. Tapi kalau memenuhi syarat akan diproses,” katanya.

Bupati Roy Roring saat menerima dan berbincang dengan delegasi Tim Kerja Komunitas Peduli Kesehatan Minahasa soal usulan peningkatan status Puskesmas Kawangkoan menjadi rumah sakit di Rumah Dinas Bupati, Sasaran, Tondano, Jumat (1/2/2019)

Dalam surat Komunitas Peduli Kesehatan Minahasa tersebut, diuraikan bahwa tanah sekitar 1 hektar dihibahkan keluarga Almarhum DN Rumengan untuk lokasi pembangunan rumah sakit. Namun, yang terwujud baru sebatas sarana kesehatan Puskesmas.

Kerinduan masyarakat itu, sebenarnya berniat direalisasikan pemerintah pada tahun 2009 lalu tapi tak terwujud karena terkendala dengan tidak adanya kesepakatan antara Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Kabupaten Minahasa.

“Padahal, kabarnya dananya sudah ada. Dinas Kesehatan provinsi tahu persis soal itu, Pak. Karena saya pernah konfirmasi dengan ibu kadis waktu itu,” ujar Umbas.

Puskesmas Kawangkoan, yang berada di Kelurahan Uner, Kecamatan Kawangkoan Utara ini, tak hanya menjadi tempat berobat dari masyarakat Kawangkoan raya, tetapi juga dari Tompaso raya, Remboken, bahkan Kecamatan Tareran dan Suluun Tareran, Minahasa Selatan.

Meski belum bisa memberi kepastian, namun Bupati Roy Roring berulang kali berjanji akan memroses kemungkinan peningkatan status dari Puskesmas Kawangkoan menjadi rumah sakit.

“Jadi akan dikaji. Apa memungkinkan saat ini ditingkatkan jadi rumah sakit tipe C, jangan sampai ada aturan baru atau kebijakan seperti moratorium,” papar bupati, seusai mengajak para tamu sarapan bersama.

Ia pun menginstruksikan kepada asisten pribadinya supaya bersikap tanggap. “Jangan berkas-berkas itu hanya simpan di laci. Sebaiknya langsung dibuatkan disposisi supaya langsung bisa diproses,” tandasnya.

Penulis: Fiser Wakulu

News Feed