Tangkap Buronan Palu, Aiptu Cor Cs ‘Diganjar’ Kapolres Minsel dengan Ini

Amurang, Fajarmanaso.com — Aiptu Corneles Kainama bersama Iptu Mulyadi Lontaan dan Brigader Erwin Anes, tiga personil Polres Minahasa Selatan (Minsel), yang menangkap buronan pembunuhan di Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) ‘diganjar Kapolres AKBP FX Winardi Prabowo, SIK, Senin (29/10/2019), pagi tadi.

Aiptu Cor Cs yang tengah mengikuti Apel Operasi Zebra Samrat 2018 di Halaman Mapolres, Amurang, tiba-tiba dipanggil maju bersamaan dengan dibacakan Surat Keputusan Kapolres Minsel Nomor: Kep /41/X/KEP/2018, tanggal 27 Oktober 2018.

Surat tersebut berisi tentang pemberian penghargaan bagi Aiptu Cor Cs yang berhasil menangkap KS alias Kevin alias Usro saat kejuaraan Tinju Amatir Porkab Minsel pada Jumat (26/10/2018), pekan lalu.

Malam itu, Usro, pria 25 tahun warga Desa Teep, Kecamatan Tenga, Minsel, berulah di tengah keramaian kejuaraan Tinju Amatr di Pondok Teguh Bersinar, kompleks Kantor Bupati Minsel.

Diduga telah dipengaruhi minuman keras (Miras), Usro membuat keributan yang tak jelas penyebabnya. Aiptu Cor yang berada di sekitar itu, langsung mendekat dan menegur Usro.

Teguran Aiptu Cor tak membuat Usro diam, malah mencabut pisau dari balik pakaiannya, kemudian menyerang petugas. Seketika itu juga, Aiptu Cor melakukan tangkisan dan kuncian sehingga melumpuhkan tersangka, yang kemudian dengan sigap ditangkap dan diamankan dua rekannya, Iptu Mulyadi dan Brigasir Erwin.

Belakangan, tersangka KS alias Usro diketahui merupakan narapidana (napi) di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II Palu, atas kasus pembunuhan. KS masuk dalam Daftar Orang Orang (DPO) karena kabur sesaat setelah musibah gempa bumi dan tsunami di Palu pada 28 September 2018.

Pwnghargaan Kapolres AKBP FX Winardi Prabowo, SIK diserahkan oleh Wakapolres Minsel, Kompol Prevly Tampanguma, di tengah-tengah berlangsungnya apel gelar pasukan Operasi Zebra tersebut.

Wakapolres Tampanguma mengatakan, prestasi ketiga orang itu diharapkan menjadi contoh dan motivasi bagi orang lain.

“Kiranya prestasi ini dapat ditingkatkan dan menjadi contoh bagi anggota lain dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat,” pungkasnya.

Penulis: Ismail Arjuna

Editor   : Herly Umbas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *