oleh

Wah..! Berhasil di 19 TKP, Hasil Komplotan A Cs Digunakan untuk Pesta Ria Ini

Bitung, Fajarmanado.com — Komplotan pencuri asal Kota Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) ini dikenal nekat melakukan aksi pencurian. Tak kurang 19 kali berhasil beraksi, namun hasilnya nyaris ludes berpesta.

Komplotan empat orang yang dipimpin pria bernisial A, 26 tahun, warga Bitung Barat ini, terkenal piawai dan licin. Aksi A bersama tiga rekannya, FL dan RL, dua pria berusia sama 20 tahun, warga Bitung Timur dan YH, 21 tahun, penduduk Bitung Tengah terus luput dari para korban mereka dan polisi.

Namun, aksi komplotan A dalam beberapa bulan terakhir sontak meresahkan. Tim Cobra Polsek Maesa, Kota Bitung pun melakukan pelacakan. Hasilnya, komplotan pencurian dan penjambretan A cs berhasil diringkus semuanya sampai Rabu (24/10/2018) malam.

Awalnya,  tim membekuk tersangka berinisial A  yang mengklaim dirinya sebagai ‘bos’ pencurian di sejumlah TKP (Tempat Kejadian Perkara).

Berdasarkan penuturan A, yang baru bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (LP) ini, tim akhirnya menciduk tiga ‘anak buahnya’, yaitu FL, RL dan YH. Ketiganya mengaku selama enam bulan terakhir ini, beraksi bersama sang bos, baik siang maupun malam hari.

Informasi diperoleh, para tersangka sudah beraksi di 19 TKP di wilayah Bitung dan Minahasa Utara (Minut). Sasarannya, antara lain kalung, tas, handphone, uang, bahkan di dalam rumah warga hingga kotak amal di tempat ibadah.

Uang hasil penjualan barang-barang curian tersebut, mereka menggunakan untuk berpesta minuman keras dan menyewa PSK (Pekerja Seks Komersial).

Kapolsek Maesa, Kompol M. Kamidin, membenarkan adanya penangkapan para tersangka. “Sebagian besar barang-barang hasil kejahatan telah dijual, ada handphone dan sepeda motor yang digunakan sebagai sarana untuk melakukan pencurian,” ujarnya, Rabu (24/10/2018).

Ke empat tersangka bersama barang bukti saat ini telah diamankan polisi. “Dua tersangka di Polsek Maesa, dua lainnya di Polres Bitung,” jelas Kapolsek Kamidin.

“Para tersangka dijerat pasal 363 (1) ke 3, 4, dan 5 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara,” ungkap Kapolsek Kamidin.

Penulis: Herly Umbas

News Feed