Jamaah Masjid Nurul Yaqin Gelar Peringatan 1 Muharram 1440 H

Tondano, Fajarmanado.com — Badan Takmirul Masjid Nurul Yaqin Kecamatan Tondano Barat menggelar peringatan 1 Muharram 1440 Hijriyah, Selasa (11/10/2018).

Peringatan yang diisi dengan ceramah agama ini berlangsung khikmad dan dihadiri ratusan jamaah masjid Nurul Yaqin.

Dalam hikmah 1 Muharram yang disampaikan penceramah H. Ahmad Bachmid mengatakan, dalam kitab Tarikh Ibnu Hisyam dinyatakan bahwa keberangkatan hijrah Rasulullah dari Mekah ke Madinah adalah pada akhir bulan Shafar, dan tiba di Madinah pada awal bulan Rabiul Awal. Jadi bukan pada tanggal 1 Muharram sebagaimana anggapan sebagian orang.

Sedangkan penetapan Bulan Muharram sebagai awal bulan dalam kalender Hijriyah adalah hasil musyawarah pada zaman Khalifah Umar bin Khatthab ra tatkala mencanangkan penanggalan Islam.

“Pada saat itu ada yang mengusulkan Rabiul Awal sebagai l bulan ada pula yang mengusulkan bulan Ramadhan. Namun kesepakatan yang muncul saat itu adalah bulan Muharram, dengan pertimbangan pada bulan ini telah bulat keputusan Rasulullah SAW untuk hijrah pasca peristiwa Bai’atul Aqabah, dimana terjadi bai’at 75 orang Madinah yang siap membela dan melindungi Rasulullah SAW, apabila beliau datang ke Madinah,” kata Bachmid.

Sementara ketua Badan Takmirul Masjid (BTM) Nurul Yaqin, Sudirman mengatakan kegiatan peringatan 1 Muharram ini bertujuan untuk mengingatkan kembali peristiwa penting hijrah Rasulullah dari Mekah ke Madinah.

“Melalui kegiatan ini diharapkan kita bisa meneladani Rasulullah. Maka dalam peringatan tahun baru islam ini kita bisa memaknai apa itu hijrah, selain bulan muharram ini menjadi momentum introspeksi untuk menjadi pribadi yang lebih baik di tahun-tahun mendatang.”kata Sudirman.

 

Penulis : Joel