oleh

Sah..! KPU Tetapkan RR-RD Sebagai Bupati dan Wabup Minahasa

Mandolang, Fajarmanado.com — Pasangan nomor urut dua (2) Pilkada Minahasa 2018, Ir Royke Roring, MSi – Robby Dondokambey (RR-RD) akhirnya ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa sebagai Bupati dan Wakil Bupati terpilih periode 2018-2023.

Pasangan RR-RD, yang diusung PDI Perjuangan, Demokrat, Gerindra dan Partai Hanura ini, ditetapkan melalui rapat pleno penetapan yang digelar Rabu, (25/7/3018), dore tadi di Hotel Mercure, Tateli, Kecamatan Mandolang.

Komisioner KPU Minahads Rendy Suawa menjelaskan, pelaksanaan tahapan Pilkada Minahasa 2018 ini, digelar sesuai jadwal karena Kabupaten hasil pleno terbuka perhitungan suara tidak disusul dengan pengajuanproses perselisihan ke Mahkama Konstitusi (MA).

“Mahkama Konstitusi menetapkan bahwa proses gugatan tidak ada, sehingga KPU Minahasa melaksanakan Pleno (penetapan)pada hari ini,” kata Suawa.

Sementara Ketua KPU Minahasa Lord Malonda mengatakan, sesuai PKPU No.9 Tahun 2018, KPU Minahasa tidak dapat melakukan penetapan apabila MK belum menutup buku register.

“Berdasarkan PKPU nomor 9 tahun 2018 serta atas kesepakatan bersama, kami KPU Minahasa menetapkan hari ini sebagai hari penetapan pasangan calon terpilih alam pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Minahasa tahun 2018,” jelasnya.

“Dengan Memanjatkan syukur Kepada Tuhan Yang mahakuasa Rapat Pleno Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakik Bupati Kabupaten Minahasa, kami nyatakan sah dan terbuka untuk umum,” sambung Malonda.

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) Ardiles Mewoh mengapresiasi proses tahapan Pilkada di Minahasa.

Logo Payangka, katanya, bisa berhasil dengan kredibel dan Aman, sejak awal Pilkada di Minahasa, sampai pada hari ini bisa berjalan dengan lancar dan tidak ada gugatan.

“Ini semua berkat kerja keras teman-teman  KPU dan Pilkada Minahasa  bisa Menjadi Barometer 81,9 Persen Partisipasi pemilih,” paparnya.

Mewoh juga menyatakan kebanggaannya karena pada acara penetapan calon terpilih tersebut ikut dihadiri calon bupati nomor 1, Ivan SJ Sarundajang.

“Mudah-mudahan penyelenggaraan Pemilihan Bupati dan wakil Bupati Minahasa ini bisa menjadi barometer penyelenggaraan di 6 Kabupaten/Kota yang lain, dan ini menjadi catatan historis sehingga daerah lain kiranya dapat menyusul kesuksesan Kabupaten Minahasa,” papar Mewoh.

Hadir dalam kesempatan tersebut, mewakili Pj. Bupati Minahasa Drs Jorry Gumansing, Kapolresta Manado, Dandim 1302 Minahasa  Kpolres Minahasa, Wakapolres Minahasa, Wakapolres Tomohon, Kepala PN Tondano.

Hadir juga, pasangan nomor urut 2 Ir Royke Octavian Roring dan Robby Dondokambey, ketua DPC PDIP Minahasa, Jantje Wowiling Sajow, MSi, tim pemenangan, serta tamu undang lainnya.

Penulis: Fiser Wakulu

News Feed