Mandagi: Peran Pemerintah di Pemilu 2019 Penting Bagi Pemilih Pemula

Tomohon, Fajarmanado.com — Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tomohon menggelar Sosialisasi Pemilu 2019 (Pemilihan Umum) tingkat kecamatan se- Kota Tomohon 2018 di Rogs Cafe Resto Tomohon, Selasa (17/7/2018).

Kegiatan yang diikuti para lurah beserta pemuda dan siswa SMA sederajat sebagai pemilih pemula tersebut dibuka oleh Asisten Bidang Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Kota (Sekdakot) Tomohon Drs. Octavianus DS Mandagi, mewakili Wali Kota Jimmy Feldie Eman, SE.Ak.

Wali Kota Eman dalam sambutan tertulis yang dibacakan Mandagi mengatakan, peran pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemilihan umum di tahun 2019 sangat menentukan dalam rangka memberikan pendidikan pokok bagi masyarakat khususnya pemilih pemula di Kota Tomohon.

“Pemerintah menjalankan peran dan fungsinya sebagaimana diatur dalam Peraturan Perundang-Undangan yang ada yaitu dalam Undang-Undang nomor 7 tahun 2017 tentang pemilihan umum,” jelas Wali Kota Eman seperti dikutip Asisten I Drs ODS Mandagi.

“Walikota Tomohon berharap kiranya semua peserta sosialisasi memanfaatkan kegiatan ini sebagai wahana peningkatan pemahaman atas peraturan perundang-undangan di bidang Politik khususnya tahapan pemilihan umum tahun 2019, sehingga partisipasi aktif masyarakat dalam pemilu di Kota Tomohon di Kota Tomohon akan semakin meningkat serta aman dan lancar pelaksanaannya,” tandas Mandagi.

Kaban Kesbangpol Kota Tomohon Theodorus Paat, SIP melaporkan bahwa maksud dan tujuan dari sosialisasi ini yaitu untuk meningkatkan pendidikan politik masyarakat dan pemahaman tentang pemilihan umum 2019 berdasarkan peraturan perundang-Undangan yang berlaku serta terciptanya pelaksanaan pemilahan umum 2019 yang aman, lancar, tertib dan sukses di Kota Tomohon.

Tampil sebagai narasumber dalam sosialisasi ini yaitu Ketua DPRD Kota Tomohon Ir. Miky Junita Linda Wenur, Akademisi Dosen FISIP Unsrat Manado DR. Ferry Liando, Perwira Penghubung Kota Tomohon Kodim 1302 Minahasa Mayor Inf. Feky Welang, Ketua KPU Kota Tomohon Drs. Haryanto Lasut, MAP., Kasie Datun Kejaksaan Negeri Tomohon Windhu Sugiarto, SH. MH., Ketua Panwaslu Kota Tomohon Jack Budiman, SH.

Penulis: Prokla Mambo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *