oleh

Debat Publik Pilkada Minahasa 2018 Tahap Dua Berlangsung Sukses

Tondano, Fajarmanado.com — Debat Publik Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa Periode 2018-2023 tahap dua sukses dihelat oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa. Momentum tersebut berlangsung meriah di Hotel Mercure Tateli Kecamatan Mandolang, Minahasa pada Rabu (30/5/2018).

Kegiatan diawali dengan ucapan selamat datang oleh Komisioner KPU Dicky Paseki SH MH. “Selamat datang. Harapan kami, semua yang hadir dapat mengikuti pelaksanaan debat ini dengaan seksama sehingga semuanya dapat terlaksana dengan baik. selamat mengikuti,” ujar Paseki.

Pj. Bupati Roy Mewoh bersama Muspida dan para komisioner KPU Minahasa ketika menyaksikan debat Pilkada Minahasa putaran ke dua di Mercure Hotel Tateli, Mandolang, Rabu (30/5/2018)

Lanjutnya, saat ini Komisioner KPU Minahasa tinggal empat (4) orang, karna Ketua KPU Minahasa Meidy Y Tinangon sudah naik kelas, atau sudah menjadi Komisioner KPU Provinsi Sulut, dan saat ini juga berhalangan hadir Komisioner KPU Minahasa Kristofirus Ngantung karna ada kedukaan sepeninggal Ayahanda.

Dalam sambutannya Ketua KPU Minahasa Dra Wiesje Wilar MSi, mengatakan bahwa senantiasa mengucap syukur sehingga agenda ini bisa digelar. “Marilah segenap masyarakat Minahasa menyukseskan Pilkada Minahasa yang kredibel dan aman, dan jangan lupa datang di TPS pada 27 juni nanti.” Ujar Wilar.

Baca Juga :  Libur Panjang, Kapolres Henzly Sebut Akan Gelar Operasi Justisi dan Rapid Tes
Paslon Ivan SJ Sarundajang-Careig Naichel Runtu, SIP ketika memaparkan visi misi.

Wilar juga mengatakan bahwa Tema debat saat ini adalah, Sinergitas Perencanaan Pembangunan Minahasa Dalam Perspektif Sistem Perencanaan  Pembangunan Nasional Dan Upaya Memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia Konsepsi Sinergi Pembangunan Kemajemukan Budaya Dan Hubungan Antar Umat Beragama.

Kegiatan ini dipandu oleh Moderator Diane M A Kuntag Presenter Kompas TV Manado, dan selaku Panelis mantan Ketua KPU Sulawesi Utara Livie Allow SSos MSi, yang juga Konsultan Komunikasi Politik Independen, Rektor Universitas Katolik De L Salle Manado juga Guru Besar Filsafat STF Seminari Pineleng Prof Dr Johanis Ohoitimur dan Dosen Institute Agama Islam Negeri Manado Dr Delmus Puneri Salim PhD.

Paslon Ir. Royke Roring, MSi-Robby Dondokambey saat memaparkan visi misi.

Pada kesempatan ini Calon Bupati dan Wakil Bupati Minahasa nomor urut 1, Ivan S J Sarundajang dan Careig Naichel Runtu, serta Nomor Urut 2, Royke Roring dan Robby Dondokambey diberikan pertanyaan tentang tema terkait dihubungkan sesuai dengan Visi dan Misi masing masing Calon.

Baca Juga :  Cekcok Saat Pesta Miras, Badik Besi Putih Makan Korban, Satu Tersangka Diburu Polisi

Selain itu, pada debat publik ini para Calon diberikan kesempatan Pemaparan Visi dan Misi, kepada kedua pasangan Calon lawan diantaranya tentang kebijakan searah Pemerintah pusat dan daerah yang lebih spesifik.

Komisioner KPU Minahasa bersama ke dua Paslon Pilkada Minahasa 2018 seusai debat putaran ke dua yang berlangsung meriah, kritis dan aman di Mercure Hotel Tateli, Mandolang, Rabu (30/5/2018).

Yang lebih menarik para Calon diberikan pertanyaan tentang Sinergitas pembangunan dalam memperkokoh NKRI, Budaya dan Program terkait dengan menangkal radikalisme, agar tidak terjadi terorisme, karna di Minahasa terkenal dengan toleransi antar umat beragama.

Dimana pertanyaan ini, dijawab hampir serupa bahwa akan dilakukan pendekatan kepada Tokoh-Tokoh Agama, agar tidak terjadi gesekan ataupun terprovokasi oleh pihak yang tidak bertanggung-jawab.

Usai pelaksanaan Debat, Komisioner KPU Lord Arthur Malonda, mengucapkan terima kasih atas kehadirannya, sehingga diapun berharap pada pelaksanaan Debat Publik yang ketiga kalinya akan berlangsung semakin baik untuk suksenya Pilkada Minahasa.

Hadir dalam Debat Publik Kandidat ini, Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Mewoh DEA, Forkopimda, pimpinan Panwaslu Minahasa, Jajaran Pejabat Minahasa, Sekretaris KPU Minahasa, Tim Pemenangan kedua Pasangan Calon, dan Pihak TNI/Polri yang ikut mengamankan kegiatan ini, serta disiarkan langsung oleh TVRI dan RRI Sulut.

Penulis: Fiser Wakulu (Adv)

 

News Feed