oleh

Tekan Angka Kematian Ibu Hamil, Dinkes Tomohon Tingkatkan Akses Pelayanan Kesehatan

Tomohon, Fajarmanado.com — Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tomohon mengadakan Sosialisasi Jaminan Persalinan (Jampersal) dan Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) kepada camat, lurah dan kader kesehatan di Aula Naga Mas Kamasi, Selasa (24/04/2018).

Wali Kota Tomohon Jimmy Feldie Eman SE Ak diwakili Sekretaris Kota (Sekkot) Ir Harold V Lolowang MSc dalam sambutannya sekaligus membuka kegiatan mengatakan, pembangunan kesehatan merupakan bagian integral dari pembangunan nasional dalam rangka mewujudkan visi dan misi presiden dan implementasi nawacita yang kelima yaitu meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, melalui pelaksanaan program Indonesia Sehat melalui pendekatan keluarga.

“Di Kota Tomohon ada 2 rumah tunggu kelahiran yang disiapkan yaitu yang berdekatkan dengan Rumah Sakit Gunung Maria di Kelurahan Kolongan Satu dan Rumah Sakit Bethesda di Kelurahan Talete Satu, sasaran ibu hamil yang mendapat layanan adalah ibu hamil yang berdomisili di Kota Tomohon, rumah tunggu di kelola oleh masyarakat bekerja sama dengan pemerintah kelurahan dan puskesmas,” ujar Lolowang.

“Dengan adanya bantuan dana dari Pemerintah Pusat yang dikelola oleh daerah diharapkan program ini bisa dimanfaatkan dengan baik oleh semua masyarakat,” tambah Sekot.

Lolowang juga berharap melalui kegiatan ini, para pemerintah kecamatan, kelurahan bahkan kader kesehatan yang paling mengenal wilayah masing-masing untuk bersama-sama meningkatkan peran serta masyarakat semakin mandiri sehingga kualitas kesehatan masyarakat di Kota Tomohon terus meningkat.

“Mari kita terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk program jampersal dan program ini ini berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan/juknis yang berlaku sehingga tujuan dari program jampersal dapat terwujud,” tandasnya.

Sebelumnya, Kepala Dinkes Kota Tomohon dr Deesje V Liuw MBiomed diwakili Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dan Promosi Kesehatan Moudy S Pusung SKep Ns MKes dalam laporannya mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan akses pelayanan kesehatan serta menurunkan angka kematian akibat keterlambatan penanganan bagi ibu hamil, bersalin dan nifas.

Turut hadir, sebagai narasumber dari Dinas Kesehatan Prov Sulut Dorlentji Hangewa SKM, Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Tomohon Djoni P Kereh SKM MKes, para Kepala Seksi Dinkes Kota Tomohon, para camat, lurah dan kader kesehatan se Kota Tomohon.

Penulis: Prokla Mambo

News Feed