Bukan Survey KJ, SVR Sebut Ivan-Careig Sudah Unggul di Pilkada Minahasa

Kawangkoan Barat, Fajarmanado.com — Pasangan Calon (Paslon) Ivan SJ Sarundajang dan Careig Naichel Runtu SIP (Ivansa-CNR) diklaim sudah unggul jauh dari rivalnya, Drs Royke O Roring MSi dan Robby Dondokambey (ROR-RD) untuk Pilkada 2018.

“Kita patut bersyukur, hasil survei Paslon kita, Ivan-Careig terus naik, sudah 52 persen sekian sedangkan pasangan lain hanya 38 persen sekian, sedangkan 9 persen sekian belum menentukan pilihan,” kata Ketua Dewan Pembina DPD I Partai Golkar Sulawesi Utara (Sulut), Drs Stevanus Vreeke Runtu, Rabu (11/4/2018), sore tadi.

SVR, sapaan familiar mantan Bupati Minahasa dua periode (2003-20013) ini mengungkapkan data tersebut di depan seribuan pendukung dan simpatisan Paslon Ivansa-CNR di Desa Kayuuwi, Kecamatan Kawangkoan Barat.

Data ini, lanjut SVR, bukan hasil survey dari lembaga survey yang tidak jelas, namun merupakan rilis resmi dari lembaga survey nasional yang sangat kompeten dan akurat, yakni Saiful Mujani Research & Conculting (SMRC).

“(Hasil survey) itu adalah yang kedua. Itu dikeluarkan pada tanggal 7 Maret (2018) lalu,” kata SVR menjawab Fajarmanado.com ketika dikonfirmasi kembalk sesaat sebelum meninggalkan lokasi kampanye terbatas sekitar pukul 17.50 Wita tadi.

Di depan podium kampanye, SVR menegaskan, hasil survey ini bukan dibuat sendiri, seperti pihak lain yang mempublikasikan hasil survey yang kurang jelas (KJ), entah dari lembaga mana.

“Saya sendiri bisa seenaknya mengungkapkan Ivan-Careig (sudah) 90 persen, tapi saya tidak mau. Kita harus memberikan data yang benar kepada masyarakat. Kalaupun datanya kita kalah, tidak mengapa kita harus sampaikan agar masyarakat disuguhkan data yang benar,” papar SVR, yang juga Wakil Ketua DPRD Sulut ini.

Hasil survey MSRC, lanjut dia, memang sangat beralasan. Karena, Ivansa-CNR mendapat dukungan luas dari masyarakat. “Saat ini kita lihat isteri-isteri mantan pejabat hadir saat ini,” ungkapnya.

SVR pun menyebut satu persatu mereka yang bergabung dalam kelompok Ivansa-CNR yang menamakan diri P2TM. Diantaranya, Ibu Deetje Sarundajang Laoh Tambuwun, isteri mantan Gubernur Dr Sinyo Harry Sarundajang, ibu Henny, isteri mantan Gubernur Lucky Korah serta sederetan nama ibu mantan Sekprov dan pejabat eselon II Pemprov Sulut.

Kampanye terbatas yang memacetkan jalan utama Desa Kayuuwi tersebut, juga menampilkan pembicara Ivansa dan CNR, didampingi Ketua dan Sekretaris Tim Pemenangan Paslon Bersatu, Eric Mingkid SH MH dan Drs Victor Rompas MSi.

Penulis: Herly Umbas