Hari Terakhir Penilaian Lomba Evaluasi Perkembangan Desa di Desa Buku Tengah

Belang, Fajarmanado.com – Penilaian Lomba Evaluasi perkembangan  Desa yang berlangsung di Kecamatan Belang, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) diikuti 20 Desa yang ada di wilayah kecamatan Belang. Ajang tersebut berkaitan dengan evaluasi sejauhmana perkembangan desa-desa setempat dalam berbagai aspek.

Denal Bataria SIP, Hukum Tua (Kumtua) Desa Buku Tengah, Kecamatan Belang, mengatakan, perangkat desa serta para warganya berbangga dapat mengambil bagian untuk berpartisipasi akan perlombaan tersebut.

Peranannya warga, katanya, diwujudkan dengan mempersiapkan desanya dalam berbagai aspek yang berkaitan dengan indikator penilaian oleh Tim Evaluasi perkembangan desa tingkat kecamatan yang dipimpin Camat Belang, Irwan Abdjulu SE.

“Saya beserta para perangkat desa dan warga turut berbangga, sangat antusias mengikuti lomba tersebut. Karena menjadi bagian penilaian akan sejauh mana kemajuan yang ada di desa ini, agar masyarakat luas pun sekiranya mengetahui indeks pencapaian yang didalamnya tertuang pada aspek administrasi atau data-data mengenai progres perkembangan Desa Buku Tengah,” katanya.

“Pembangunan balai Posyandu, Infrastruktur fisik non fisik, Bumdes, meningkatkan kesejahteraan warga serta lainya merupakan komitmen saya selaku Kumtua dalam mengembangkan Desa Buku Tengah,” sambung Denal, Rabu (21/3/2018).

“Tentu saja itu semua bekerjasama dengan Pemkab Mitra lewat bantuan-bantuan yang ada, disalurkan, lalu direalisasikan ke Desa Buku Tengah ini,” tambahnya lagi.

Pada kesempatan tersebut, Camat Belang, Irwan Abdjulu SE, mengungkapkan pada hari ini Rabu 21 Maret, agenda tim evaluasi telah selasai dengan menyudahi penilaian terhadap 20 desa yang ada di wilayahnya.

“20 desa di Kecamatan Belang sudah rampung dinilai oleh tim evaluasi. Selanjutnya akan diplenokan tingkat kecamatan, lalu dikaji untuk menentukan desa mana yang menjadi pemenang atau juara yang tentunya berdasarkan dengan hasil nilai desa masing-masing,” ungkap Abdjulu.

 

Sementara untuk indikator penilaiannya terbagi dalam beberapa aspek seperti Pendidikan, Kesehatan Masyarakat, Ekonomi Masyarakat, Keamanan dan Ketertiban, Partisipasi Masyarakat, Pemerintahan, Lembaga, Kemasyarakatan, Administrasi, Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga, merupakan kriteria Tim Evaluasi Perkembangan Desa tingkat kecamatan masing-masing. Selanjutnya pemenang ajang ini akan mewakili Kecamatan Belang untuk mengikuti Lomba Desa tingkat kabupaten Mitra.

Penulis : Didi Gara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *