oleh

Untuk Pertama Kali, Warga Binaan Rutan Ini Jalani Tes Urin

Amurang, Fajarmanado.com – Satuan Narkoba Polres Minahasa Selatan (Minsel) mengelar tes urine kepada Warga Binaan Pemasyarakatan di Rumah Tahanan (Rutan) Amurang, Kamis (8/3/2018).

Tes urine ini sebagai upaya pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran narkoba di dalam Rutan Amurang, sekaligus sebagai salah satu tindak lanjut dari kunjungan Kapolres AKBP FX Winardi Prabowo, SIK beberapa  waktu lalu,” elas Marulye Simbolon, Kepala Rutan Amurang kepada wartawan usai kegiatan.

Simbolon menegaskan, yes urin yang digelar secara mendadak tersebut untuk memastikan tidak lagi ada napi yang menggunakan narkoba selama menjalani hukuman.

Sementara itu, Kasat Narkoba, Iptu Erween Tanos, SE mengatakan, program tersebut dimaksud sebagai langkah terdepan dan sangat penting dalam menghadapi ancaman kejahatan narkoba.

Menurut Tanos, program yang dilakukan secara komprehensif pada upaya memperkuat sistem daya tahan masyarakat atau WBP agar tidak terpapar narkoba.

Ia menyebutkan, pelaksanaan program tersebut diharapkan membantu mewujudkan semua lingkungan bersih dari peredaran narkoba, termasuk di Rutan Amurang

“Kegiatan ini salah satu upaya kita untuk mengetahui dan mengantisipasi tudingan di masyarakat bahwa di Rutan Amurang itu ada peredaran Narkoba”, kata Erween Tanos di hadapan para waga binaan Rutan Amurang.

Setelah Selesai melakukan tes urin dan dengan hasil yang negatif , Kepala Rutan Marulye Simbolon Mengatakan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kerjasama yang baik dengan pihak yang terkait. Tidak ada lagi anggapan, dan saling curiga.  kita sama-sama melihat hasilnya. Seluruhnya Negatif” Terangnya.

Pemeriksaan ini turut didampingi oleh perwakilan dari Badan Narkotika Nasional (BNN) dan perwakilan Dinas Kesehatan (Dinkes) Minsel serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Amurang dan para wartawan.

Penulis: Ismail Arjuna

News Feed