oleh

Kamis Besok, KPU Minahasa Langsungkan Tes Wawancara PPK Pemilu 2019

Tondano, Fajarmanado.com – Tahapan proses rekrutmen anggota Panitia Pemilihan Kecamatan Pemilu 2019 di Kabupaten Minahasa memasuki seleksi wawancara. Tes tahap ke dua ini dijadwalkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Minahasa digelar Kamis (1/3/2018l, besok.

Ratusan calon anggota penyelenggara Pemilu 2019 yang diundang mengkuti seleksi wawancara di Tondano ini adalah mereka yang dinyatakan lolos seleksi berkas dan tertulis beberapa waktu lalu. Mereka akan berebut posisi tiga besar untuk setiap kecamatan, yang di Minahasa berjumlah 25 kecamatan.

PPK yang kemudian terpilih nantinya akan bertugas dalam tahapan hingga penyelenggaraan pesta demokrasi Pemilu Legislatif (Pileg) dan Pemilu Presiden (Pilpres) 2019.

“Seperti sudah brrkai-kali kami sosialisasikan, tahun 2019 mendatang akan diselenggarakan bersama-sama Pileg semua tingkatan, DPD RI dan Pilpres,” kata  Ketua KPU Minahasa, Meidy Tinangon kepada Fajarmanado.com di Tondano, Rabu (28/2/2018), siang tadi.

Baca Juga :  Hore! 191 CPNS dan PPK Minahasa Terima SK

Tinangon mengungkapkan, seleksi wawancara akan dimulai pukul 09.00 Wita pada Kamis (1/3/2018) besok. Peserta seleksi diminta memakai pakaian kemeja putih dan celana atau rok warna hitam atau gelap.

“Jadi yang akan mengikuti seleksi wawancara pada besok hari adalah mereka yang telah lolos pada tahapan seleksi berkas dan seleksi tertulis. Setelah seleksi wawancara selesai, komisioner KPU Minahasa akan melakukan rapat pleno untuk menetapkan nama-nama yang kemudian akan dilantik menjadi PPK di 25 Kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa,” ujar Tinangon.

Baca Juga :  Libur Panjang, Kapolres Henzly Sebut Akan Gelar Operasi Justisi dan Rapid Tes

Lanjutnya, untuk PPK yang akan bertugas pafa Pemilu 2019, keanggotaannya berbeda dengan PPK Pilkada serentak yang akan dihelat pada 27 Juni 2018 nanti. Dimana keanggotaan untuk PPK Pilkada adalah lima orang setiap kecamatan. “Sementara untuk PPK Pemilu 2019, keanggotaannya tinggal tiga orang untuk setiap kecamatan,” jelasnya.

Selain itu, Tinangon juga menjelaskan terkait materi tes wawancara yang mencakup pengetahuan tentang Pemilu dan tugas serta wewenang PPK.

:Teknis pemungutan suara, rekapitulasi penghitungan perolehan suara serta pengetahuan kewilayahan. Juga penelitian syarat dukungan pasangan calon perseorangan anggota Dewan Perwakilan Daerah,” pugkasnya.

Penulis: Fiser Wakulu

News Feed