oleh

Hari ini, 194 Calon Anggota PPK Ikut Seleksi Tertulis

Tondano, Fajarmanado.com – Kabupaten Minahasa segera memiliki Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan bertugas dalam Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 mendatang. Selasa (6/2/2018) hari ini, 194 calon PPK yang dinyatakan lulus seleksi administrasi bekas akan berjibaku dalam tes tertulis di Gedung Balai Pertemuan Umum (BPU) Tondano.
Informasi yang berhasil dihimpun wartawan Fajarmanado.com, anggota PPK yang nantinya terpilih untuk bertugas dalam Pemilu 2019, tidak lagi 5 orang untuk setiap kecamatan, melainkan hanya tiga orang saja. Tiga orang yang nantinya terpilih akan bertugas selama 15 bulan.

Perbedaan mencolok juga dapat dilihat dari hasil pengumuman lulus seleksi tertulis. Dimana yang akan melangkah ke seleksi selanjutnya yaitu seleksi wawancara, hanya yang masuk dalam enam besar sesuai perangkingan.

Baca Juga :  Astaga..! Dishub Minahasa Hanya Pakai Jasa Warga Kelola Parkir

Ketua KPUD Minahasa Meidy Tinangonengatakan bahwa nama-nama yang telah dinyatakan lulus seleksi administrasi berkas beberapa diantaranya lulus dengan catatan. Bila masih ada berkas yang perlu dilengkapi diberi kesempatan hingga batas waktu pukul 09.00 Wita, pahi ini.

“Masih diberi kesempatan bagi yang masih butuh perbaikan dalam kelengkapan berkas. Waktunya sampai pada pukul 09.00 Wita pada hari kamis tanggal 6/2. Yaitu satu jam sebelum tes tertulis dimulai,” ujar Tinangon.

Baca Juga :  61 Remaja Diamankan Polres Minahasa

“Jika sampai batas waktu yang ditentukan kemudian yang lulus administrasi dengan catatan tidak melengkapi yang diminta, akan langsung dinyatakan gugur dan tidak diperkenankan ikut seleksi tertulis,” sambungnya.

Tinangon juga memberi gambaran terkait materi seleksi tertulis. Antaranya pengetahuan tentang Pemilu mencakup tugas, wewenang dan kewajiban PPK, penelitian syarat calon perseorangan anggota DPD dan tekhnis pemungutan suara, selanjutnya, penghitungan perolehan suara dan rekapitulasi penghitungan perolehan suara serta pengetahuan kewilayahan.

“Nantinya dari 25 kecamatan yang ada di Kabupaten Minahasa, setiap kecamatan akan bertugas 3 orang anggota PPK Pemilu 2019,” pungkasnya.

Penulis: Fiser Wakulu

News Feed