oleh

Besok, KPU Umumkan Hasil Tes Kesehatan Bapaslon Pilkada Minahasa

Tondano, Fajarmanado.com — Tahapan pemeriksaan kesehatan bakal pasangan calon (Bapaslon) peserta Pilkada Minahasa 2018  di RSUP Prof Kandouw Malalayang Manado telah rampung. Rangkaian hasil pemeriksaan yang mencakup beberapa kategori itu dikabarkan telah diterima secara resmi oleh KPU Minahasa.

Seperti diketahui, ada dua Bapaslon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Minahasa yang mengikuti tes kesehatan pasca mendaftar di KPU Minahasa pada 10 Januari 2018 silam. Mereka adalah duet Ivan SJ Sarundajang-Careig Naicel Runtu SIP (Ivansa-CNR) dan  Roy Octavian Roring dan Roby Dondokambey (ROR-RD).

“Hasil tes kesehatan ke dua Bapaslon sudah kami terima tadi,” kata Ketua KPU Minahasa, Meidy Yafeth Tinangon kepada wartawan di Kantor KPU Minahasa, kompleks Stadion Maesa Tondano,  Selasa (16/1/2018) tadi.

Kapan akan diumumkan secara luas, Tinangon menyebut hari Rabu, tanggal 17 Januari 2018, besok.”Hasilnya sudah ada pada kami (KPU Minahasa),” tegasnya didampingi komisioner lainnya.

Hasil pemeriksaan kesehatan tersebut, lanjut dia, mencakup kesehatan jasmani dan rohani serta bebas Napsa. “Hasilnya baru kita terima dari pihak RSUP Prof Kandouw pada hari ini. Nanti kita umumkan Rabu, besok,” ujar Tinangon lagi.

Sejumlah warga pun penasaran dan sudah tidak sabar ingin mengetahui hasil pemeriksaan tersebut. Apalagi kalau memang tidak lulus tes kesehatan, meskipun telah ditetapkan oleh partai politik pengusung, KPU akan menggugurkanya dan tidak akan ditetapkan sebagai pasangan calon (Paslon) peserta Pilkada.

“Lolos dalam tahapan ini sangat penting. Karena itu pemeriksaan kesehatan ini sangat krusial bagi Bapaslon. Sebagai warga Minahasa tentu memiliki pilihan hati masing-masing. Namun saya berharap yang terbaik bagi ke dua Bapaslon yakni Ivansa-CNR dan ROR-RD. Mudah-mudahan lolos semuanya,” ujar Reza Pakasi, tokoh muda Tondano Pante.

Penulis: Fiser Wakulu

Editor  : Herly Umbas

News Feed