oleh

Wujudkan Sekolah Sehat, Dinkes Tomohon Melatih Dokter Kecil

Tomohon, Fajarmanado.com – Meski sempat mendapat pujian dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) namun Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon) tetap mengintensifkan pelatihan Dokter Kecil pada siswa SD untuk program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS).

Buktinya, Kamis (02/11/2017), pagi tadi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Tomohon Daerah kembali menggelar pelatihan Dokter Kecil. Kali ini dikhususkan bagi semua sekolah dasar (SD) yang tersebar di Kota Bunga ini.

Kepala Dinkes Tomohon, Dr Deesje V Liuw M. Boimed melalui Kepala Seksi Kesehatan Masyarakat Ellen Timerman mengatakan,  dalam kegiatan ini para siswa di ajarkan untuk mengenal berbagai penyakit yang umumnya mendera anak usia SD, semisal diare, dan bagaimana cara mengukur tinggi badan, berat badan dan ketajaman pengelihatan.

“Dengan begitu nantinya para utusan siswa yang mengikuti kegiatan ini akan mensosialisasikan kepada teman temannya di sekolah dan di harapkan mereka juga yang akan membantu guru guru dalam melaksanakan berbagai program kesehatan di sekolah,” ujar Ellen Timerman.

Ia menjelaskan pula, untuk program UKS baru kali ini dilakukan, padahal setiap sekolah diharuskan memiliki dokter kecil yang diambil dari siswa kelas 4 atau 5 yang belum pernah mendapat pelatihan, berprestasi sekolah, berbadan sehat, berwatak pemimpin dan suka menolong.

“Untuk itu kami berharap nantinya puskesmas yang akan meneruskan program ini untuk melatih dokter kecil di wilayah masing masing, juga kami berharap dukungan dari Dinas Pendidikan agar kedepan mereka juga akan ada upaya upaya seperti yang di laksanakan saat ini,” tukas Timerman.

Penulis : Prokla Mambo

Editor   : Herly Umbas

News Feed