oleh

Harapan IWO Kota Bitung Side Effects FPSL Ada Peningkatan Ekonomi Masyarakat

Bitung, Fajarmanado.com – Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Bitung berharap event Festifal Pesona Selat Lembeh (FPSL) 2017, bisa menggairahkan perekonomian Kota Bitung. FPSL yang telah menjadi event tahunan di Kota Cakalang, bisa menjadi tiang penyanggah perekonomian rakyat. 

Pasca kebijakan Kementrian Kelautan dan Perikanan memiliki dampak yang signifikan terhadap perekonomian Kota Bitung, dimana dunia perikanan yang menjadi sektor andalan terpuruk. Kondisi ini menjadikan masyarakat banyak kehilangan pekerjaan, karena terjadi pengurangan bahkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) besar-besaran oleh pihak perusahaan perikanan. Langkah yang diambil pihak perusahaan karena tidak stabil produksi diakibatkan kurangnya bahkan tidak ada pasokan ikan di pabrik.

“Kami berharap ada side effects (efek samping) yang bisa dinikmati oleh masyarakat Kota Bitung dari event FPSL. Kegiatan ini bisa menjadi salah satu Strategi Pemkot Bitung dalam meningkatkan ekonomi  masyarakat dengan menumbuhkembangkan potensi masyarakat khususnya yang berhubungan dengan Home Industri,” kata Ketua IWO Kota Bitung, Hezky Goni, SE, Kamis (05/10).

Ia melanjutkan, event FPSL bisa menggairahkan sektor pariwisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Pemberdayaan serta mengoptimalkan potensi daerah seperti industri skala rumah tangga yang menghasilkan cendramata atau souvenir dan kuliner khas Kota Bitung, akan mampu mendongkrak pertumbuhan ekonomi masyarakat yang terpuruk akibat kebijakan menteri Kelautan dan Perikanan. Multi efects dari event ini, kiranya akan membawa angin segar bagi Pemkot Bitung dan khususnya kepada masyarakat dari sisi peningkatan ekonomi yang berbasis Ekowisata. Ini moment yang sangat strategis untuk menarik simpati wisatawan datang berkunjung di Kota Cakalang.

“Untuk itu IWO mendukung penuh pelaksanaan FPSL 2017 selama tujuannya untuk meningkatakan perekonomian masyarakat. Menggalakan sektor pariwisata untuk meningkatkan perekonomian masyarakat lewat event seperti ini harus diimbangi dengan mengoptimalkan segenap potensi masyarakat dalam mengembangkan potensi daerah sehingga bisa bersinergi dengan program Pemerintah Kota,” katanya.

Ketua IWO juga berharap, masyarakat Kota Bitung bisa memberikan dukungan penuh sehingga FPSL 2017 boleh berjalan dengan baik. “Sukses tidaknya event FPSL 2017 ditentukan dari sikap masyarakat dan pemerintah yang menjadikan moment ini sebagai ajang untuk mengoptimalkan potensi daerah demi peningkatan ekonomi kerakyatan dan promosi wisata,” pungkasnya.

FPSL 2017 sendiri bakal digelar mulai tanggal 6 hingga 10 Oktober, bertempat di Kompleks Satuan Keamanan Laut (Sat Kamla) Aertembaga. Ada kurang lebih 17 kegiatan dalam FPSL 2017. Dengan kata lain ada peningkatan kegiatan dari tahun 2016 yang hanya 10 jenis kegiatan. (Jones Mamitoho)

News Feed