oleh

Wenur Pimpin Paripurna KUA-PPAS APBD Kota Tomohon 2018

Tomohon, Fajarmanado.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Tomohon mengajukan nota rancangan Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD Tahun 2018 Kota Tomohon pada Sidang Paripurna DPRD Kota Tomohon, Kamis (28/09/2017) sore.

Paripurna yang berlangsung di Ruang Paripurna Dewan Kota Tomohon tersebut dipimpin langsung Ketua DPRD Ir Miky Junita Wenur, didampingi Wakil Ketua Tomohon Youdy Moningka, SIP.

Ketua DPRD Ir Miky Junita Wenur mengatakan, nota rangcangan KUA-PPAS 2018 tersebut segera dibahas dewan, termasuk pembahasan di tingkat badan anggaran (Banggar) DPRD bersama tim anggaran pemerintah daerah Kota Tomohon.

Wali Kota Jmmy Feldie Eman SE.Ak pada kesempatan itu menjelaskan secara singkat program pembangunan Pemkot Tomohon pada tahun 2018 mendatang.

Dalam dokumen RKPD Kota Tomohon tahun 2018 ini, kata dia, menetapkan tema pembangunan dalah “Peningkatan infrastruktur, iklim investasi, sumber daya dan kualitas lingkungan hidup”.

Baca Juga :  DPRD Tomohon Genjot Pembahasan APBDP 2020, MJLW Penasehat Fraksi Golkar

Menurut Wali Kota, Tema ini dipilih dan ditetapkan untuk mewujudkan visi kepala daerah dengan menyesuaikan pada arah kebijakan dan juga sasaran yang telah ditentukan oleh pemerintah pusat dan juga pemerintah provinsi.

“Secara umum perlu dipahami bahwa rancangan KUA-PPAS ini diajukan untuk menjawab berbagai dinamika pembangunan agar lebih sesuai dan terarah dengan strategi dan kebijakan pembangunan daerah yang telah ditetapkan dalam RKPD Tahun 2018 maupun target-target pembangunan nasional, dalam penyusunannya, tetap memperhatikan norma, prinsip anggaran, asumsi-asumsi, arah kebijakan umum dan anggaran yang mana berpedoman pada aturan yang mendasarinya, ” jelasnya.

Ia pun mengharapkan agar rancangan KUA-PPAS APBD ini dapat lebih menajamkan prioritas pembangunan sesuai RKPD yang ditetapkan dengan menajamkan kembali target prioritas kinerja program kegiatan tiap perangkat daerah, sekaligus mampu menjawab dinamika pembangunan daerah dengan segala tuntutan perubahan dan percepatan yang dibutuhkan.

Baca Juga :  Wali Kota Jimmy Eman Apresiasi Sikap DPRD Terhadap Ranperda APBDP 2020

Wali Kota juga  memberikan apresiasi yang tinggi dan ucapan terima kasih kepada pimpinan dan segenap anggota dewan karena sudah memberikan dukungan dan kerja sama yang baik terhadap program-program Pemkot Tomohon selama ini, demi meningkatkan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Kota Tomohon.

Acara yang berlangsung setelah dialog bersama Wakil Ketua DPD RI Prof Dr Ir Hj Damayanti Lubis dan anggota DPD RI utusan Sulut Ir Stefanus BAN Liow tersebut, selain para anggota dewan, juga dihadiri Wakil Wali Kota  Syerly Adelyn Sompotan, Sekkot Ir Harold bLolowang MSc jajaran Pemkot Tomohon serta Camat dan Lurah se-Kota Tomohon.

Penulis : Prokla Mambo

Editor    : Herly Umbas

News Feed