DPRD Tomohon Pelajari Teknologi Energi Bio Gas Di Bolmut

Tomohon, Fajarmanado.com – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tomohon, Sulut melakukan kunjungan kerja (kunker) di Kabupaten Bolaang  Mongondow Utara (Bolmut).

Kunker yang dipimpin Ketua Komisi III Ladys F Turang pada Selasa (26/09/2017) itu,  tak lain untuk mengkonkritkan program nawacita dari Presiden Joko Widodo, khususnya guna menerapkan teknologi energi terbaru, yaitu, Energi Bio Gas.

“Bio Gas ini adalah pengolahan Energi dari sampah-sampah atau kotoran ternak menjadi listrik atau gas,” jelas Turang kepada para wartawan di Tomohon, Rabu (27/09/2017), siang tadi.

Ia mengatakan, Kabupaten Bolmut adalah salah satu kabupaten di Indonesia yang sudah menjalankan program Enegi Bio Gas dan telah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat, berupa alat untuk mengolah sampah dan kotoran ternak.

“Jadi kami berkunjung untuk melihat secara langsung pengolahan sampah dan kotoran ternak menjadi Energi Bio Gas,” katanya.

Melalui kunker ini, kata dia, Komisi III DPRD Tomohon melihat, Kota Tomohon berpotensi untuk mengembangkan Energi Bio Gas, karena di kota multi dimensi ini ada pasar yang mempunyai volume sampah yang banyak serta usaha peternakan yang juga banyak.

“Saya dan teman-teman Komisi III akan berkoordinasi dengan Dinas Tenaga Kerja, supaya membuat proposal untuk di aujukan ke Pemerintah Pusat,” tukas Turang.

“Jika program ini bisa jalan, sampah atau kotoran hewan ternak Sapi, Ayam atau Babi di Kota Tomohon, akan di olah menjadi Listrik atau Gas, yang nantinya akan digunakan oleh masyarakat Kota Tomohon,” sambungnya.

Dikatakanya, program ini akan berdampak sangat baik bagi masyarakat Kota Tomohon. “Selain mengurangi penggunaan Gas Elpiji dan Listrik, volume sampah akan berkurang dan sisa kotoran ternak yang sudah melewati pengolahan, dapat langsung di jadikan pupuk,” tukasnya.

Hadir dalam Kunker, wakil komisi Syenni Supit, sekretaris komisi Erens kereh, Dortje Mandagi sebagai anggota, Sekretariat DPRD F.F Lantang dan Kepala Dinas Tenaga Kerja Jeane Bolang.

Penulis : Prokla Mambo

Editor    : Herly Umbas

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *