oleh

Eman: Panas Bumi Memiliki Dampak Positif untuk Masyarakat Luas

Tomohon, Fajarmanado.com – Pelaksanaan Festival Geothermal 2017 untuk ketiga kalinya dihelat di Tomohon. “Tahun ke tahun kita mengevaluasi program kerjasama ini, hasilnya mengalami progress yang besar. Kesempatan ini pula kita boleh menyaksikan Geothermal Education Centre yang telah dibangun oleh PGE Lahendong.”

Hal itu dikatakan Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman SE Ak yang didampingi Wakil Walikota Tomohon Syerly Adelyn Sompotan dan Sekretaris Daerah Kota Tomohon Ir Harold Lolowang MSc MTh saat menghadiri 3rd Festival Geothermal 2017 bertempat di Danau Linow, Kamis (03/08).

Tempat ini, tambah Walikota, sebagai sarana informasi mengenai panas bumi yang bergandengan dengan pendidikan. Panas bumi juga memiliki dampak positif untuk menopang kebutuhan masyarakat luas khususnya di daerah Sulut dengan pasokan listrik sebesar 60%.

Pendidikan Geothermal juga memberikan pemahaman tentang panas bumi, dimana juga saat ini program Mobil Listrik yang dicanangkan Presiden Jokowi ini nantinya dapat membantu perekonomian karena bahan bakunya ada disini. Iven ini diinisiasi Pemerintah Kota Tomohon, Pertamina Geothermal Energy Lahendong dan KKN Mahasiswa UGM tahun 2017.

“Selanjutnya juga akan diresmikan Taman Wisata Geothermal lewat bantuan CSR Pertamina. Ini akan menjadi lokasi baru yang menambah minat wisatawan untuk datang berkunjung, tentu hal ini akan menambah Pendapatan Asli Daerah(PAD) Kota Tomohon,” kata Eman.

Dijelaskannya, energi panas bumi termasuk energi yang bersih dan terbarukan yang dapat dimanfaatkan untuk membangkitkan listrik dan secara langsung digunakan oleh daerah penghasil. “Jadilah momentum festival panas bumi ini sebagai wadah untuk kita menambah pengetahuan kita tentang panas bumi serta marilah kita bangun dan tingkatkan peran aktif dalam mengelola, memelihara panas bumi sebagai warisan alam yang di kelola dengan mengedepankan alam,” tukas Eman.

Dirinya juga berterimakasih kepada pemerintah Provinsi Sulut dan Universitas Gadjah Mada serta semua pihak-pihak yang telah menunjang acara Festival Panas Bumi ini. Kesempatan yang sama Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw dalam sambutannya yang dibacakan oleh Staff Ahli Gubernur Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Sulut Dra Linda Wantania MSi mengatakan, agenda yang dilaksanakan ini menjadi kabar baik bagi pengembangan wisata panas bumi di Indonesia, terlebih khusus di Sulut yang memang sedang gencar-gencarnya menggenjot pembangunan pariwisata daerah lewat berbagi sektor, utamanya membuka destinasi-destinasi wisata baru yang potensial.

Selanjutnya sambutan mewakili Rektor UGM Prof Panut Mulyono dibacakan oleh Dosen perwakilan Pusat Penelitian Panas Bumi Universitas Gadjah Mada Bapak Indra Permana. “Salah satu mimpi khususnya di Pusat Penelitian Panas Bumi, Fakultas Teknik UGM adalah untuk ambil bagian dalam mensinergikan seluruh komponen penting di Sulut yang meliputi pemerintah daerah, pelaku industri energi, pelaku industri pariwisata, institusi pendidikan baik perguruan tinggi maupun pendidikan menengah dan masyarakat lokal untuk menjadi sebuah entitas yang sadar dan mendukung kegiatans pengembangan panas bumi yang terpadu dan komprehensif.

Dalam Festival ini juga diadakan Penandatangan Nota Kesepahaman antara Pemerintah Kota Tomohon dan Pertamina Geothermal Energy, Penandatangan Prasasti dan diadakan lomba tingkat TK, SD, SMP dan SMA.

Tampak hadir Direktur Utama Pertamina Geothermal Energy Bapak Irfan Zainudin, General Manager Pertamina Geothermal Energy Lahendong Bapak Salfius Patengkey, Kapolres Tomohon AKBP I Ketut Agus Kusmayadi SIK, Mewakili Pangdam XIII Merdeka Sulut Letkol Armed Agus S, Pemimpin BNI Wilayah Manado Bapak Eko Setiawan bersama Wakil Pimpinan Ali Wardana, Bupati Minahasa diwakili Kepala Dinas Perdagangan Bapak Maudy Lontaan SSos, Pemimpin BNI Cabang Tomohon Bapak Alexander Naping, jajaran pemerintah Kota Tomohon, Mahasiswa KKN UGM dan hadirin undangan.

Penulis: Prokla Mambo

Editor: Jeffry Th. Pay

E

News Feed