Kunjungi Sitaro, Wagub Bantu SMK 1 dan SMA 1 Siau Timur

Siau Timur, Fajarmanado.com – Wakil Gubernur Sulut Drs Steven Kandouw meninjau infrastruktur pendidikan dan menyerahkan bantuan 24 unit komputer kepada SMK Negeri 1 Siau Timur dan dana DAK Rp250 juta bagi SMA Negeri 1 Siau Timur.

Peninjauan dan pengerahan bantuan tersebut dilakukan Wagub, didampingi Bupati Kepulauan Sitaro Tonny Supit dan  Asisten 1 Setprov Jhon Palandung pada Selasa (18/7/2017).

Mengenakan kemeja batik cokelat lengan panjang, Kandouw tak langsung bertatap muka dengan guru-guru dan para siswa ke dua sekolah tersebut, namun langsung berkeliling meninjau kondisi ke bangunan ke dua institusi pendidikan itu.

Bukan hanya ruang guru dan ruang kelas yang disambangi suami dari dr. Kartika Devi Tanos, MARS ini, tetapi juga toilet di SMA Negeri 1 Siau. Pencetus program revolusi toilet ini pun menegur kepala sekolahnya karena air yang tersedia sangat sedikit.

Sementara itu, ketika bertatap muka dengan dewan guru dan para siswa, Kandouw kembali mengungkapkan komitmen Pemrov Sulut untuk memajukan sumber daya manusia khususnya di sektor pendidikan.

Program ini, katanya, merupakan salah satu program unggulan Olly Dondokambey dan Steven Kadouw (OD-SK) dalam upaya mencerdaskan anak bangsa di daerah Nyiur Melambai demi terwujudnya Sulut Hebat terus diperkuat

Wagub juga menyentik kebijakan pemerintah pusat melimpahkan kewenangan dan tanggungjawab SMA dan sederajat menjadi tanggung jawab pemerintah provinsi, termasuk di Sulut mulai tahun ini.

“Untuk itu, sarana dan prasarana serta infrastruktur sekolah semua menjadi tanggungjawab pemerintah Provinsi melalui Dinas Pendidikan Daerah Provinsi Sulut,” tegas Wagub Kandouw.

Namun, ia mengingatkan bahwa pemerintah daerah setempat juga tidak lepas tangan untuk memajukan pendidikan. Semua, lanjutnya, harus bekerja sama, dari pusat, provinsi, pemerintah kabupaten kota dan lapisan masyarakat serta orang tua.

Kandouw menambahkan, Gubernur Olly Dondokambey dalam  setiap kesempatanya selalu berpesan bahwa dari Miangas hingga Pinogaluman uniform dan mutu pendidikan di Sulut harus sama.

“Karena itu mulai dari sekarang kita sudah punya roadmap bagaimana meningkatkan pendidikan  terutama SMA/SMK/SLB ini di  sulawesi utara dan bisa  diatas dibandingkan provinsi-provinsi yang lain di Indonesia,” ungkapnya.

Kandouw juga berjanji akan menyempurnakan dan meningkatkan infrastruktur beserta SDM tenaga pendidik Guru. “Ke depan, bersama pemerintah pusat akan kita tingkatkan kualitasnya khususnya didaerah kepulauan,” katanya.

Penulis : Fenjjel Pioh

Editor   : Herly Umbas