Paripurna DPRD Minahasa, JWS Bicara Tentang Pilkada 2018

Tondano, Fajarmanado.com – Senin (10/7/2017) tadi, telah digelar Rapat Paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa. Rapat tersebut terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang pertanggungjawaban Anggaran Belanja dan Pendapatan Daerah (APBD) tahun 2016 dan Ranperda inisiatif DPRD tentang hak keuangan anggota Dekab Minahasa.

Rapat paripurna tersebut dibuka oleh Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow (JWS). Pada kesempatan itu, JWS mengapresiasi pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Minahasa yang telah mengambil prakarsa untuk menyampaikan Perda inisiatif, sebagai tindak lanjut peraturan pemerintah nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administrasi pimpinan dan anggota DPRD.

Fokus pembangunan tahun 2016 yang memanfaatkan uang rakyat adalah, peningkatan pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia dalam mendukung percepatan pembangunan desa, kedaulatan pangan, lingkungan hidup dan penetrasi pasar. Ranperda ini selanjutnya akan diintegrasikan dan sinkronisasikan dengan kebijakan nasional serta provinsi.

“Pelaksanaan APBD tahun anggaran 2016 tersebut dilakukan dengan tetap berkomitmen mengedepankan prinsip efisien, efektifitas, serta akuntabilitas anggaran. Dan komitmen inilah yang telah mengantar Kabupaten Minahasa sehingga untuk yang keliga kalinya secara berturut-turut,  boleh meraih Opini wajar tanpa pengecualian (WTP)  berdasarkan pemeriksaan dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Sulawesi Utara,” ujar JWS.

Terkait suhu politik di Kabupaten Minahasa yang terus bergemuruh, JWS mengakuinya. Menurutnya, dinamika politik menjelang Pilkada tahun 2018 sudah meningkat.

“Karena itu mari kita kawal proses Pilkada tahun 2018 agar tetap berlangsung dengan baik dan elegan. Kiranya suasana ini tidak akan menggangu proses pembangunan yang sementara berlangsung dalam mewujudkan perubahan di tanah tercinta ini. Perbedaan pandangan politik adalah lumrah dalam demokrasi, tetapi membangun untuk kepentingan rakyat adalah diatas segala-galanya,” pungkas JWS.

Rapat paripurna tersebut dihadiri oleh pimpinan DPRD Kabupaten Minahasa, anggota DPRD, Wakil Bupati Minahasa Ivan Sarundajang, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Minahasa, Sekertaris Kabupaten Minahasa, serta para asisten dan pejabat eselon II di lingkub Pemkab Minahasa.

Penulis : Fiser Wakulu