Jelang Idul Fitri, Dishub Minut Cek Kelayakan Kendaraan Umum

Airmadidi,Fajarmanado.com—Perayaan hari raya Idul Fitri sudah tidak lama lagi. Untuk itu, Dinas Perhubungan (Dishub) Minahasa Utara (Minut) telah mengagendakan untuk melakukan pemeriksaan terhadap kelayakan kendaraan yang ada di daerah, guna mengantisipasi tingginya angka kecelakaan lalulintas.

“Dalam rangka persiapan angkutan menjelang hari raya Idul Fitri, Dishub akan melaksanakan wajib ram cek atau cek kelayakan kendaraan,” tutur Kadishub Minut Hanny Tambani Ssos, Senin (12/6/2017).

Lanjut Tambani, pengecekan kelayakan kendaraan sangat penting untuk menjamin keselamatan angkutan umum termasuk para penumpang yang akan melakukan mudik lebaran.

“Nantinya akan dicek apakah rem berfungsi, semua lampu, kondisi kendaraan, kelengkapan dan keamanan kendaraan. Kemungkinan pekan ini kita laksanakan,” tutur Tambani seraya mengimbau para sopir, pengusaha angkutan dan pemilik kendaraan untuk secara rutin mengecek dan memeriksa kendaraannya sebelum jalan.

Tambani menambahkan jika Dishub akan membentuk pos pemantauan arus Lebaran di terminal yang bertujuan melakukan pelayanan ke warga yang melakukan arus mudik hingga arus balik nanti.

“Sampai saat ini belum ada peningkatan penumpang. Biasanya menjelang mendekati hari pelaksanaa baru terjadi peningkatan penumpang. Peningkatan ini juga menjadi antisipasi kita, semua kendaraan sudah benar-benar siap agar betul-betul memberikan kenyamanan kepada para penumpang,” tandas Tambani.

Selain itu, Tambani juga mengharapkan agar kendaraan umum tidak menumpuk atau melebihkan kapasitas muatan saat dalam perjalanan. Hal itu sangat berbahaya dan merugikan banyak pihak. Mengapa demikian, karena dari pantauan kita, banyak kendaraan saat mudik muatannya kelebihan kapasitas. Ini tentunya sangat membahayakan bagi diri sendiri maupun orang lain jika terjadi kecelakaan,” tutup Tambani.

Penulis : Rusdiyanto Rantesalu

Editor : Joel Polutu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *